EFEKTIVITAS PENDEKATAN NEUROSAINS DALAM PEMBELAJARAN PAI UNTUK MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA N 12 BANDAR LAMPUNG

EKA, TITIN RAHAYU (2023) EFEKTIVITAS PENDEKATAN NEUROSAINS DALAM PEMBELAJARAN PAI UNTUK MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA N 12 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI EKA TITIN RAHAYU.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK EFEKTIVITAS PENDEKATAN NEUROSAINS DALAM PEMBELAJARAN PAI UNTUK MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA N 12 BANDAR LAMPUNG Oleh: Eka Titin Rahayu Semangat belajar termasuk salah satu penunjang keberhasilan peserta didik dalam hasil belajarnya, akan tetapi semangat belajar yang rendah merupakan hambatan yang dapat berakibat pada hasil belajar yang rendah. Sehingga seorang guru harus dapat memilih pendekatan dan metode yang tepat agar tercipta nya suasana pembelajaran yang menarik serta dapat menumbuhkan semangat belajar dan keberhasilan peserta didik nya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan pendekatan neurosains dalam meningkatkan semangat belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini Quasy Eksperimen dengan menggunakan desain pretest-posttest menggunakan kelompok kontrol dan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMA N 12 Bandar Lampung, untuk sampel diambil sebanyak 2 kelas yaitu kelas XI MIPA 2 (kelas eksperimen) dan kelas XI MIPA 1 (kelas kontrol) dan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling yaitu pemilihan kelas dipilih berdasarkan pertimbangan guru PAI disekolah. Uji prasyarat dan uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t.. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dengan taraf signifikan 5% diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran pendekatan neurosains terhadap peningkatan semangat belajar, dan terdapat pengaruh keaktifan siswa dalam pembelajaran, terciptanya suasana belajar yang menarik dan tidak membosankan, serta terdapat interaksi antara perlakuan model pembelajaran pendekatan neurosains terhadap peningkatan semangat belajar peserta didik. Kata Kunci: Model pembelajaran, pendekatan neurosains, dan semangat belajar iii ABSTRACT THE EFFECTIVENESS OF THE NEUROSCIENCE APPROACH IN LEARNING ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION TO INCREASE THE LEARNING ENTHUSIASM OF STUDENTS AT SMA N 12 BANDAR LAMPUNG By: Eka Titin Rahayu Enthusiasm for learning is one of the supports for the success of students in their learning outcomes, but low enthusiasm for learning is an obstacle that can result in low learning outcomes. So that a theacher must be able to choose the right approach and method in order to create an interesting learning atmosphere and can foster enthusiasm for learning and the success of his students. This study aims to determine the effectiveness of applying the neuroscience approach in increasing students enthusiasm for learning. The method used in this study was a Quasy eksperimen using a pretest-posttest design using a control and experimental group. The population in this study were all class XI SMA N 12 Bandar Lampung, for sample taken as many as 2 classes, namely class XI MIPA 2 (experimental class) and class XI MIPA 1 (control class) and the sampling technique was purposive sampling, the selection of classes was chosen based on the considerations of Islamic religius education teachers in school. Prerequisite test and hypothesis test used in this study are the normality test, homogeneity test and t test. Based on the results of research and discussion with a significant level of 5% it is concluded that there is an influence of the neuroscience approach learning model on increasing enthusiasm for learning, and there is influence of students activeness in learning, the creation of an interesting and not boring learning atmosphere, and there is an treatment of the neuroscience approach learning model to increasing students enthusiasm for learning. Keywords: Learning models, neuroscience approaches, and Enthusiasm for learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Sep 2023 04:02
Last Modified: 08 Sep 2023 04:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30128

Actions (login required)

View Item View Item