IMPLEMENTASI PEMUNGUTAN PAJAK PENGHASILAN SELEBGRAM DALAM PERSPEKTIF FIQH SIYASAH MALIYAH (Studi Kasus Pada Selebgram di Kota Bandar Lampung)

BUDI, SETIAWAN (2023) IMPLEMENTASI PEMUNGUTAN PAJAK PENGHASILAN SELEBGRAM DALAM PERSPEKTIF FIQH SIYASAH MALIYAH (Studi Kasus Pada Selebgram di Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI BUDI SETIAWAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Instagram juga merupakan media promosi yang sangat ampuh bagi sebagian orang yang menggunakannya. Kecenderungan para pengguna internet lebih tertarik pada bahasa visual. Sebagian besar selebgram memiliki pendapatan yang fantastis yang mereka peroleh melalui endorment. Endorsement merupakan salah satu cara pelaku usaha untuk mengiklankan barangnya dengan menggunakan jasa orang lain, biasanya para artis atau tokoh tertentu yang dianggap penting atau berpengaruh. Di media sosial instagram banyak sekali artis yang menggunakan suatu produk dalam postingan foto dengan menuliskan keterangan mempromosikan produk beserta nama pelaku usaha online tersebut (atau disebut juga online shop). Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah 1) Bagaimana pemungutan pajak penghasilan pada selebgram di kota Bandar Lampung? 2) Bagaimana pandangan fiqh siyasah maliyah terhadap pemungutan pajak penghasilan selebgram di kota Bandar Lampung? Adapun tujuan dari penelitian ini ialah 1) Untuk mengetahui pemungutan pajak penghasilan pada selebgram di kota Bandar Lampung 2) Untuk mengetahui pandangan fiqh siyasah maliyah terhadap pemungutan pajak penghasilan selebgram di Kota Bandar Lampung. Metode penelitian ini adalah penelitian lapangan, yang bersifat deskriptif analisis, dengan analisis sumber data yaitu data primer yang diperoleh dari wawancara kepada selebgram di kota bandar lampung, data sekunder yang diperoleh dari buku-buku yang relevan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini ialah selebgram di kota Bandar Lampung. Analisis dengan melakukan analisis kualitatif dengan menggunakan metode cara berfikir induktif. Hasil dari penelitian ini ialah Penerapan pajak penghasilan terhadap Selebgram di Kota Bandar Lampung mengikuti perpajakan penghasilan uang pribadi dalam negeri dan penghasilan selebgram termasuk objek pajak yang mana sumber penghasilannya masuk kategori penghasilan dari pekerjaan bebas. Peraturan mengenai pajak penghasilan Selebgram dapat dikenakan perpajakan yaitu PPh 21. Berdasarkan peraturan terbaru pada Undang-Undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan dengan tarif 5% sampai 35% dari total penghasilan. Pandangan Fiqh Siyasah Maliyah Terhadap Pemungutan Pajak Penghasilan Selebgram penting dilakukan, karena menyangkut kebutuhan pokok dalam penerimaan pendapatan negara. Adanya pemungutan pajak penghasilan terhadap selebgram bertujuan demi kemaslahatan bersama dan kembalinya juga untuk masyarakat demi kemakmuran rakyat Indonesia sesuai dengan tujuan syara’. Dengan demikian, penerimaan pajak di Indonesia juga dapat dikatakan sebagai salah satu alat pemerintah untuk mewujudkan al-maslahah al-mursalah pada suatu perekonomian Negara. Kata Kunci: Pajak Penghasilan, Selebgram, Fiqh Siyasah Maliyah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Sep 2023 03:31
Last Modified: 08 Sep 2023 03:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30127

Actions (login required)

View Item View Item