PENGGUNAAN MEDIA POHON ANGKA UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAKNURUL ISLAM TANJUNG KARANG BARAT

Afra, Ratria Nurhuda (2023) PENGGUNAAN MEDIA POHON ANGKA UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAKNURUL ISLAM TANJUNG KARANG BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi Cover - Bab 2  Afra Ratria Nurul Huda.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Full Afra Ratria Nurul Huda.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan mengenal angka merupakan kemampuan kognitif yang perlu dikembangkan pada anak usia dini. Media pohon angka dapat mempermudah anak dalam mengenal angka. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di Nurul Islam Tanjung karang Barat, kemampuan anak dalam mengenal angka masih rendah, sebagian anak belum mampu mengenal angka dan sebagian anak belum mengenal konsep bilangan. Tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui aktivitas guru dalam meningkatkan kemampuan mengenal angka melalui media pohon angka pada anak usia 4-5 tahun di TK Nurul Islam Tanjung karang Barat. 2. Untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal angka denganmedia pohon angka pada anak usia 4-5 tahun di TK Nurul Islam Tanjung Karang Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah 20 anak yang terdiri dari 8 laki- laki dan 12 perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, unjuk kerja, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian aktivitas guru Siklus I dan Siklus II aktivitas guru dalam meningkatkan kemampuan mengenal angka dengan menggunakan media pohon angka di TK Nurul Islam Tanjung Karang Barat mengalami peningkatan dariSiklus I memperoleh skor 2,55 dengan kategori Baik (B), dan meningkat pada Siklus II mencapai 3,85 dengan kategori Sangat Baik (SB). Berdasarkan hasil pengamatan pada Siklus I dan Siklus II peningkatan kemampuan mengenal angka dengan menggunakan media pohon angka pada anak usia 4-5 Tahun di TK Nurul Islam Tanjung Karang Barat mengalami peningkatan pada Siklus I memperoleh skor 50,53% dengan kategori Mulai Berkembang (MB), dan meningkat pada Siklus II dengan mencapai skor 76,1% dengan kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Sep 2023 04:27
Last Modified: 07 Sep 2023 04:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30120

Actions (login required)

View Item View Item