OLGA, INDAH MAHARANI (2023) FUNGSI MANAJEMEN DALAM SISTEM PELAKSANAAN IBADAH HAJI PADA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA LAMPUNG BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (2MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Fungsi Manajemen mempunyai elemen-elemen dasar yang melekat di dalam proses manajemen yang akan dijadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai suatu tujuan. Pelayanan adalah kepedulian kepada pelanggan dengan memberikan layanan terbaiak untuk memfasilitasi kemudahan pemenuhan kebutuhan dan mewujudkan kepuasanya. Sehingga dalam melakukan pelayan harus menerapkan fungsi-fungsi manajemen untuk menentukan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengawasan dan evaluasi.Tujuan peneliatian ini adalah untuk mengetahui 1). Bagaimana Implementasi Fungsi Manajemen dalam Pelayanan calon jamaah haji di Kementerian Agama Kabupaten Lampung Barat 2). Apa faktor pendukung dan Penghambat dalam pelayanan calon jamaah haji di Kementerian Agama Kabupaten Lampung Barat.Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian lapangan. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, analisis data menggunakan metode deskriftif kualitatif yaitu berdasarkan data dari fakta-fakta yang terjadi di lapangan kemudian dianalisis untuk menegetahui Implementasi fungsi manajemen dalam pelayanan calon jamaah haji di Kementerian Agama Kabupaten Lampung Barat. Hasil penelitian yang diperoleh dari Observasi, wawancara dan dokumentasi di Kementerian Agama Kabupaten Lampung Barat pada seksi haji bahwa penerapan fungsi manajemen yang di lakukan oleh seksi penyelenggar haji Kementerian Agama Kabupaten Lampung Barat dalam memberikan pelayanan melalui beberapa tahapan yaitu pendaftaran berupa administrasi pengisian formulir, melakukan pembayaran kepada BANK terkait kemudian melakukan pendaftran melalui aplikasi SISKOHAT, setelah itu melakukan bimbingan mansaik yang di pimpin oleh kepala Kantor Kementerian Agama kabupaten Lampung Barat kemudian di lanjutkan oleh pegawai di seksi haji dan para petugas bimbingan. Kemudian pembagian kelompok dan pembentukan ketua regu dan ketua rombongan, pelepasan jamaah hingga penjemputan jamaah dihadiri oleh Bupati Lampung Barat beserta jajaran dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Barat. Menurut fakta di lapangan pelayanan yang dilakukan oleh seksi penyelenggara haji masih terdapat kendala pada penerapan fungsi pengorganisasiannya yaitu masih terjadi tumpang tindih pekerjaan (Over Lapping Job). Akibatnya pelayanan yang di berikan kurang iii efektif dan efisien sehingga para calon jamaah haji yang akan mendapatkan pelayanan harus menunggu lama untuk mendapatkan pelayanan, ruang tunggu dan alat dalam memberikan pelayanan seperti komputer dan jaringan internet masih kurang memadai. Dalam sebuah lembaga pelayanan publik seharusnya mampu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat yang membutuhkan pelayanan dan tidak terjadi Over Lapping job dalam melakukan pekerjaan sehingga masyarakat bisa mendapatkan kepuasan dari pelayanan yang diberikan. Kata Kunci : Fungsi manajemen, Sistem Pelaksanaan Ibadah Haji
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Dakwah |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 04:12 |
Last Modified: | 07 Sep 2023 04:12 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30116 |
Actions (login required)
View Item |