RAHMAHANY, PUTRI YUSANDRA (2023) UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL MELALUI KEGIATAN KOLASE ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ISLAM NURHASANAH SUKABUMI BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (6MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRACT The background of this research is the underdevelopment of visual spatial intelligence in children aged 5-6 years at the Islamic Kindergarten Nurhasanah Sukabumi Bandar Lampung which is characterized by a lack of children's ability in sensitivity to color, children have not been able to show detailed elements such as children being asked to draw a landscape there are only 6 children who are able to draw in detail and some children are still unable to choose colors correctly and the rest are not able to draw in detail and are not able to determine colors correctly, children are not yet able to enjoy playing collages and children are not able to color various existing images as children tend to rush -rush in working on it so that the resulting image is not neat. The purpose of this study is to find out how the teacher's efforts in developing visual-spatial intelligence through collage activities for children aged 5-6 years at Islamic Kindergarten Nurhasanah Sukabumi Bandar Lampung. This research is a descriptive qualitative research with research subjects namely teachers and 9 students in class B2, which is located in Islamic Kindergarten Nurhasanah Sukabumi Bandar Lampung. Data collection techniques used were observation, interviews and documentation with data analysis techniques using data reduction, data display, data verification and data validity testing techniques using triangulation. It was concluded that implementing collage activities was not optimal for developing spatial visual intelligence in Nurhasanah Islamic Kindergarten Bandar Lampung, this can be seen from the steps taken by the teacher in implementing collage activities such as the teacher preparing lesson plans, the teacher preparing tools, materials and media, providing explanations about tools, materials and media, guiding children to stick, giving examples, the teacher in giving praise and motivation to children, but the teacher does not use varied materials, the teacher does not give space to children's imagination, and the teacher only focuses on calistung. and how researchers pay attention to indicators of achieving children's visual-spatial intelligence, namely being able to show detailed elements, having sensitivity to color and blending colors well, liking coloring various pictures in books, bolding lines and imitating them and being able to enjoy playing collages. Keywords: Spatial Visual Intelligence, Collage Activities iv ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi dengan kurang berkembangnya kecerdasan visual spasial anak usia 5-6 tahun di TK Islam Nurhasanah Sukabumi Bandar Lampung yang ditandai dengan kurangnya kemampuan anak dalam kepekaan terhadap warna, anak belum mampu menunjukan detail unsure seperti anak diminta untuk menggambar sebuah pemandangan hanya terdapat 6 anak yang mampu menggambar secara detail dan beberapa anak masih belum mampu memilih warna dengan benar serta sisanya belum mampu menggambar secara detail dan belum mampu menentukan warna dengan benar, anak belum mampu menikmati bermain kolase dan anak belum mampu mewarnai berbagai gambar yang ada seperti anak cenderung terburu-buru dalam mengerjakaannya sehingga gambar yang dihasilkan tidak rapih. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam mengembangkan kecerdasan visual spasial melalui kegiatan kolase anak usia 5-6 tahun di TK Islam Nurhasanah Sukabumi Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian yaitu guru dan 9 peserta didik dikelas B2, yang berlokasi di TK Islam Nurhasanah Sukabumi Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara serta dokumentasi dengan teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, display data, verifikasi data dan teknik uji keabsahan data menggunakan tringulasi. Disimpulkan bahwa dengan menerapkan kegiatan kolase belum optimal untuk mengembangkan kecerdasan visual spasial di TK Islam Nurhasanah Bandar Lampung hal ini dilihat dari langkah-langkah yang dilakukan oleh guru dalam menerapkan kegiatan kolase seperti guru menyiapkan RPP, guru menyiapkan alat, bahan dan media, memberikan penjelasan tentang alat, bahan dan media, membimbing anak untuk menempel, memberikan contoh, guru dalam memberikan pujian dan motivasi terhadap anak, akan tetapi guru kurang menggunakan bahan yang bervariasi, guru kurang memberikan ruang terhadap imajinasi anak, dan guru hanya berfokus pada calistung. serta bagaimana peneliti memperhatikan indikator pencapaian kecerdasan visual spasial anak yaitu Mampu menunjukkan detail unsur, memiliki kepekaan terhadap warna dan memadukan warna dengan baik, suka mewarnai berbagai gambar yang ada dibuku, menebalkan garis dan menirunya serta mampu menikmati bermain kolase. Kata Kunci: Kecerdasan Visual Spasial, Kegiatan Kolase
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 03:17 |
Last Modified: | 07 Sep 2023 03:17 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30113 |
Actions (login required)
View Item |