TANTANGAN DAN PELUANG GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBELAJARAN DI SMK YAYASAN PENDIDIKAN TEKNOLOGI PRINGSEWU

JUWITA, AULIA (2023) TANTANGAN DAN PELUANG GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBELAJARAN DI SMK YAYASAN PENDIDIKAN TEKNOLOGI PRINGSEWU. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI JUWITA AULIA BAB 1 dan BAB V.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL JUWITA AULIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK TANTANGAN DAN PELUANG GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBELAJARAN DI SMK YAYASAN PENDIDIKAN TEKNOLOGI PRINGSEWU Oleh : Juwita Aulia Guru Pendidikan Agama Islam bisa dikatakan merupakan profesi yang memiliki kemampuan khusus mendidik secara profesional dalam proses interaksi dengan peserta didik dalam membentuk kepribadian utama berdasarkan ajaran Islam. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah guru pendidikan agama Islam dituntut untuk melek digital, mengikuti perkembangan ilmu pendidikan teknologi, menginovasi metode mengajarnya sesuai dengan perkembangan zaman. Kemudian kiat-kiat guru pendidikan agama Islam dalam melakukan perubahan sebagai dampak positif melalui peluang era digital yaitu guru Pendidikan Agama Islam harus berusaha meningkatkan keterampilan, berusaha meningkatkan kompetensi guru, menginovasi metode mengajarnya agar sesuai dengan perkembangan zaman dan guru pendidikan agama Islam harus selalu berusaha menanamkan kepada murid untuk bijak menggunakan digital, sehingga peneliti merekomendasikan kepada guru pendidikan agama Islam untuk lebih meningkatkan kualitas pengajarannya baik dari segi metode, media, pendekatan, serta model pembelajarannya agar peserta didik dapat memperoleh prestasi yang lebih baik dari sebelumnya serta mampu mengembangkan dan menyiapkan peserta didik sebagai generasi yang mampu bersaing mengahadapi tantangan era digital saat ini. Kata Kunci : Era Digital, Tantangan, Peluang, dan Guru Pendidikan Agama Islam iv ABSTRACT CHALLENGES AND OPPORTUNITIES OF ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION TEACHER IN LEARNING AT PRINGSEWU TECHNOLOGY EDUCATION VOCATIONAL SCHOOL By : Juwita Aulia Islamic Religious Education Teachers can be said to be a profession that has special abilities to educate professionally in the process of interaction with students in forming the main personality based on Islamic teachings. This type of research is qualitative research with observation, interview and documentation methods. The results of this study are that teachers of Islamic religious education are required to be digitally literate, keep abreast of developments in technology education, innovate their teaching methods in accordance with the times. Then tips for Islamic religious education teachers in making changes as a positive impact through digital era opportunities, namely Islamic Religious Education teachers must try to improve skills, try to increase teacher competence, innovate teaching methods so that they are in accordance with the times and Islamic religious education teachers must always try to instill to students to use digital wisely, so researchers recommend Islamic religious education teachers to further improve the quality of their teaching both in terms of methods, media, approaches, and learning models so that students can get better achievements than before and are able to develop and prepare students as a generation that is able to compete in facing the challenges of today's digital era. Keywords: Digital Era, Challenges, Opportunities, and Islamic Religious Education Teachers

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Sep 2023 07:32
Last Modified: 06 Sep 2023 07:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30111

Actions (login required)

View Item View Item