PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REMEDIAL DALAM MENCAPAI KETUNTASAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AL-QURAN HADIS DI MAN 1 TANGGAMUS

Kendya, Heneda (2023) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REMEDIAL DALAM MENCAPAI KETUNTASAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AL-QURAN HADIS DI MAN 1 TANGGAMUS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB I DAN II.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI KENDYA HENEDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REMEDIAL DALAM MENCAPAI KETUNTASAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AL-QURAN HADIS DI MAN 1 TANGGAMUS Oleh: Kendya Heneda E-mail : Kendyaheneda@gmail.com Pembelajaran remedial adalah program pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai ketuntasan minimalnya dalam satu KD tertentu. Pengajaran remedial merupakan suatu program yang membantu siswa lambat, kurang paham, mengalami kesulitan belajar maupun peserta didik yang gagal dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah guru berikan. Ketuntasan Belajar adalah capaian dari hasil belajar yang ditentukan dengan ukuran atau meningkatkan pencapain kompetensi yang tercapai dan bisa digunakan sebagai prasyarat penguasaan materi selanjutnya. Permasalahan yang ada pada penelitian ini bahwasannya tidak tuntasnya peserta didik dalam belajar sehingga remedial adalah solusi dalam mencapai ketuntasan tersebut, namun sayangnya saat pelaksanaan pembelajaran kurangnya persiapan yang matang dari guru maupun peserta didiknya, sehingga masih ada peserta didik yang mengalami remedial yang kedua. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan-kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didik memecahkan masalah ketidak tuntasan hasil belajar peserta didik agar hasil belajar bisa mencapai ketuntasan yang diharapkan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bertempatkan di MAN 1 Tanggamus. Pengumpulan data penelitian ini dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan iii dengan reduksi, display setelah data terkumpul ditariklah kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan tringulasi data. Hasil dari penelitian ini bahwa pelaksanaan pembelajaran remedial dalam mencapai ketuntasan belajar pada mata pelajaran alquran hadis di MAN 1 Tanggamus ini sudah terlaksana ketuntasan belajarnya sudah meningkat namun belum optimal karena masih ada beberapa peserta didik yang belum mencapai ketuntasan maka guru harus lebih memperhatikan lagi prosedur pelaksanaan remedial dan harus disesuaikan dengan kesulitan yang dialami oleh peserta didik karena pembelajaran remedial ini bukanlah hanya sekedar formalitas saja namun sangat penting untuk menuntaskan hasil belajar peserta didik maka perlunya guru mengubah metode yang akan digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran remedial agar tidak terulang kedua kalinya. Kata kunci : Remedial, Ketuntasan Belajar. iv ABSTRACT THE IMPLEMENTATION OF REMEDIAL LEARNING IN ACHIEVING STUDENTS' COMPLETENESS IN THE SUBJECT OF AL QURAN HADITH AT MAN 1 TANGGAMUS By: Kendya Heneda Email : Kendyaheneda@gmail.com Remedial learning is a learning program given to students who have not achieved minimum mastery in one particular KD. Remedial teaching is a program that helps students who are slow, do not understand, have learning difficulties or students who fail to achieve the learning objectives that the teacher has given. Learning completeness is the achievement of learning outcomes that are determined by measuring or increasing the achievement of competencies achieved and can be used as a prerequisite for further mastery of the material. The problem in this study is that students are not complete in learning so that remedial is a solution in achieving this completeness, but unfortunately during the implementation of learning there is a lack of proper preparation from the teacher and students, so there are still students who experience the second remedial. The purpose of this research is to find out the learning difficulties experienced by students to solve the problem of incomplete learning outcomes of students so that learning outcomes can achieve the expected completeness. This study used a qualitative method which took place at MAN 1 Tanggamus. The collection of research data by observation, interviews and documentation. Data analysis is done by reduction, display after the data is collected conclusions are drawn. The data validation technique uses data triangulation. v The results of this study are that the implementation of remedial learning in achieving learning mastery in the subject of the Qur'an and Hadith at MAN 1 Tanggamus has been implemented. and must be adapted to the difficulties experienced by students because this remedial learning is not just a formality but is very important to complete student learning outcomes, so the need for the teacher to change the method to be used in the implementation of remedial learning so that it does not repeat itself a second time. Keywords: Remedial, Mastery Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Sep 2023 03:16
Last Modified: 06 Sep 2023 03:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30103

Actions (login required)

View Item View Item