IMPLEMENTASI METODE AT-TIBYAN DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QURAN DI RUMAH TAHFIDZ MASJID AL FURQAN DESA PENINJAUAN KABUPATEN OGAN KOMERING ULU

Mutiara, Arafi (2023) IMPLEMENTASI METODE AT-TIBYAN DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QURAN DI RUMAH TAHFIDZ MASJID AL FURQAN DESA PENINJAUAN KABUPATEN OGAN KOMERING ULU. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL MUTIARA ARAFI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Al-Qur‟an merupakan sumber utama umat islam. Membaca dan memahami isi Al-Qur‟an merupakan hal yang penting bagi umat islam. Hasil survei menunjukan 65% muslim di Indonesia masih buta aksara Al-Qur‟an khususnya muslim yang berada di daerah pelosok. Permasalahan yang kerap terjadi pada saat membaca Al-Qur‟an adalah ketepatan pelafalan huruf hijaiyah dengan sesuai makhrajnya. Pemilihan metode yang tepat sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran membaca Al�Qur‟an. Berbagai macam metode membaca Al-Qur‟an telah diupayakan para tokoh untuk membuat umat islam dapat membaca Al-Qur‟an dengan benar. Metode At-Tibyan merupakan metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an. Ciri khas dari pembelajaran metode At-Tibyan yaitu dilaksanakan dengan mengeja dengan melafalkan hukum tajwidnya secara langsung. Metode At-Tibyan juga memiliki banyak sekali keunggulan sehingga proses pembelajaran membaca dapat berjalan dengan efektif dan mudah dipahami. Skripsi ini membahas tentang Implementasi Metode At-Tibyan dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur‟an di Rumah Tahfidz Masjid Al Furqan. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran Membaca Al-Qur‟an dengan metode At-Tibyan di Rumah Tahfidz Masjid Al�Furqan Desa Peninjauan Kebupaten Ogan Komering Ulu. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode ini bertujuan untuk menggamabarkan secara sistematis, faktual, dan kondisi objek alamiah mengenai fakta-fakta yang ada dilapangan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Objek dari penelitian ini adalah Pendiri, Ustad dan Ustadzah, serta Santri Rumah Tahfidz Masjid Al Furqan Desa Peninjauan Kabupaten Ogan Komering Ulu. Data yang diperoleh selama penelitian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Hasil Penelitian menunjukan bahwa implementasi metode At-Tibyan dalam pembelajaran membaca Al-Qur‟an di Rumah Tahfidz Masjid Al Furqan Desa Peninjauan Kabupaten Ogan Komering ulu meliputi : 1) Perencanaan pembelajaran Al-Qur‟an yang dibahas para pengajar sebelum pembelajaran Al-Qur‟an dimulai. Adapun perencanaan yang dibahas meliputi media belajar, waktu belajar, target dan kegiatan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. 2) Pelaksanaan pembelajaran metode At-Tibyan di Rumah Tahfidz Masjid Al furqan terdiri dari kegiatan awal, inti, dan penutup. Kegiatan ini dilaksanakan secara individu/perorangan dengan mengeja huruf dan hukum bacaannya secara langsung. Langkah�langkah pembelajaran Al-Qur‟an dengan metode At-Tibyan di Rumah Tahfidz Masjid Al-Furqan dilakukan dengan Murojaah (pengulangan materi), Tahdir (pengenalan materi), dan Tamkin (pematangan materi). 3) Evaluasi pembelajaran membaca Al-Qur‟an di Rumah Tahfidz masjid Al-Furqan terdiri dari 3 yaitu evaluasi harian, evaluasi kenaikan jilid, dam evaluasi akhir. Kata Kunci : Implementasi, Metode At-Tibyan, Pembelajaran membaca Al Qur‟an. iii ABSTRACK Al-Qur'an is the main source of Muslims. Reading and understanding the contents of the Qur'an is important for Muslims. The survey results show that 65% of Muslims in Indonesia are still illiterate in the Qur'an, especially Muslims who live in remote areas. The problem that often occurs when reading the Qur'an is the accuracy of the pronunciation of hijaiyah letters according to their makhraj. Choosing the right method is very influential in the process of learning to read the Koran. Various methods of reading the Qur'an have been attempted by the leaders to make Muslims able to read the Qur'an correctly. The At�Tibyan method is a method that can be used to improve the ability to read the Koran. The distinctive feature of learning the At-Tibyan method is that it is carried out by spelling by reciting the tajwid laws directly. The At-Tibyan method also has many advantages so that the process of learning to read can run effectively and easily understood. This thesis discusses the Implementation of the At-Tibyan Method in Learning to Read the Qur'an at the Tahfidz House of Al Furqan Mosque. The purpose of this research was to determine the planning, implementation and evaluation of learning to read the Koran using the At-Tibyan method at the Tahfidz House of Al-Furqan Mosque, Peninjauan Village, Ogan Komering Ulu Regency. In this study, researchers used a type of field research with the method used in this research is descriptive qualitative. This method aims to describe systematically, factually, and the condition of natural objects regarding the facts in the field. Data collection techniques through observation, interviews and documentation. The objects of this study were the Founder, Ustad and Ustadzah, as well as Santri Rumah Tahfidz Al Furqan Mosque, Research Village, Ogan Komering Ulu District. Data obtained during the research were analyzed by data reduction, data presentation, and drawing conclusions. While testing the validity of the data is done by triangulation. The research results show that the implementation of the At-Tibyan method in learning to read the Koran at the Tahfidz House, Al Furqan Mosque, Research Village, Ogan Komering Ulu Regency includes: 1) Al-Qur'an learning planning which is discussed by the teachers before learning the Al-Qur'an a started. The planning discussed includes learning media, study time and activities for implementing teaching and learning activities. 2) the learning implementation of the At-Tibyan method is carried out individually/individually by spelling letters and reading laws directly with 3 elements of learning to read the Qur'an using the At-Tibyan method, namely: Murojaah (repetition of material), Tahdir (introduction of material), and Tahkim (material maturation). 3) Evaluation of learning to read the Koran using the At�Tibyan method at the Tahfidz House of the Al Furqan mosque is quite good. Keywords: Implementation, At-Tibyan Methods, Learning Methods for reading the Qur'an.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Sep 2023 07:37
Last Modified: 05 Sep 2023 07:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30099

Actions (login required)

View Item View Item