IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU PEMBELAJARAN DI SMP MUHAMMADIYAH 3 BANDAR LAMPUNG

SITI, JULIA AGUSTIN (2023) IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU PEMBELAJARAN DI SMP MUHAMMADIYAH 3 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL SITI JULIA AGUSTIN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Manajemen Mutu Pembelajaran yang baik dapat di dukung oleh beberapa indikator yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengawasan pembelajaran yang dimana seorang guru harus memiliki kemampuan dalam membuat perencanaan mutu pembelajaran dan melakukan pelaksanaan mutu pembelajaran dengan efektif dan melakukan evaluasi pembelajaran sehingga membuat manajemen mutu pembelajaran terlaksana dengan baik. Hasil pra penelitian di SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung, menunjukan bahwa indikator sudah berjalan dengan efesien namun masih terdapat beberapa indikator yang belum terlaksana yaitu di dalam pelaksanaan mutu pembelajaran yaitu guru kurang memperhatikan sifat sifat siswanya dan tempat duduk siswa, dan guru juga kurang menjelaskan pentingnya materi pelajaran yang akan dipelajari dan kurang melakukan apresiasi dalam mengaitkan materi pelajaran yang sudah disajikan dengan materi yang telah di pelajari sehingga terjadinya kesinambungan. Pra penelitian ini bertujuan berusaha untuk mengungkapkan keberhasilan dalam implementasi manajemen mutu pembelajaran, dengan hal ini peneliti melakukan penelitian untuk mengetahui bagaimana implementasi manajemen mutu pembelajaran di SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitin deskriptif kualitatif yaitu penelitian Fenomenology merupakan pendeketan yang dilakukan berusaha untuk mengungkapkan, mempelajari serta memahami mengenai suatu hal secara mendalam tentang implementasi manajemen mutu pembelajaran. Teknik yang digunakan sebagai alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik interview, observasi, dan dokumentasi. Data yang dapat dianilisis melalui langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan dalam penelitian ini menggunakan tringulasi teknik yaitu teknik pengumpulan data yang berbeda untuk mendapatkan data dari sumber yang sama. Peneliti menggunakan observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi untuk sumber data yang sama secara serempak sehingga penelitian berjalan dengan lancar guna mengamati penelitian yang berjudul implementasi manajemen mutu pembelajaran di SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Manajemen Mutu Perencanaan Pembelajaran di SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung telah berjalan dengan baik yaitu melakukan penyusunan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Kemudian Manajemen Mutu Pelaksanaan Pembelajaran di SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung telah dilaksanakan dengan baik, dimana guru melakukan kegiatan pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup dalam pembelajaran. Selanjutnya Manajemen Mutu Evaluasi Pembelajaran di SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung telah diterapkan secara efektif yaitu guru melakukan perencanaan evaluasi berdasarkan pada Standar Kompotensi dan Kompotensi Dasar, dalam penilaian dilaksanakan dengan tersusun dan berdasarkan pada indikator penilaian dan adanya tindak lanjut berupa Remedial dan Pengayaan pada siswa. Semua sudah memenuhi sesuai dengan Indikator manajemen mutu pembelajaran menurut Dr. Riyuzen Praja Tuala, M.Pd. Kata Kunci : Implemetasi, Manajemen Mutu Pembelajaran iv ABSTRACK Good Learning Quality Management can be supported by several indicators, namely lesson planning, learning implementation, learning evaluation and learning monitoring where a teacher must have the ability to make quality learning plans and implement quality learning effectively and carry out learning evaluations so as to make quality management learning is done well. The results of pre-research at SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung, show that the indicators have been running efficiently but there are still several indicators that have not been implemented, namely in the implementation of quality learning, namely the teacher pays little attention to the characteristics of the students and student seating, and the teacher also does not explain the importance of the material lessons to be learned and lack of appreciation in linking the subject matter that has been presented with the material that has been studied so that continuity occurs. This pre-research aims to try to reveal the success in implementing learning quality management, in this case the researchers conducted research to find out how the implementation of learning quality management at SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung. The type of research used is descriptive qualitative research, namely researchFenomenology is an approach that seeks to reveal, learn and understand about something in depth about the implementation of learning quality management. The techniques used as data collection tools in this study were interview, observation, and documentation techniques. Data that can be analyzed through data reduction steps, data presentation, and drawing conclusions. The validity test in this study uses the triangulation technique, which is a different data collection technique to obtain data from the same source. Researchers used participatory observation, in-depth interviews, and documentation for the same data sources simultaneously so that the research ran smoothly in order to observe the research entitled implementation of learning quality management at SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung. The results of this study indicate that the Quality Management of Learning Planning at SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung has been going well, namely preparing lesson plans, implementing learning, and evaluating learning. Then the Quality Management of Learning Implementation at SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung has been carried out well, where the teacher carries out opening activities, core activities, and closing activities in learning. Furthermore, the Quality Management of Learning Evaluation at Muhammadiyah Middle School 3 Bandar Lampung has been implemented effectively, namely the teacher carries out evaluation planning based on Competency Standards and Basic Competency, the assessment is carried out in a structured manner and based on assessment indicators and there is follow-up in the form of Remedial and Enrichment for students. All have fulfilled according to the indicators of learning quality management according to Dr. Riyuzen Praja Tuala, M.Pd. Keyword: Implementation, Learning Quality Management

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Sep 2023 07:30
Last Modified: 05 Sep 2023 07:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30098

Actions (login required)

View Item View Item