EFEKTIVITAS METODE FASHAHATUL LISAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA QUR'AN PESERTA DIDIK DI MTS MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG

SYINTIA, PURNAMA (2023) EFEKTIVITAS METODE FASHAHATUL LISAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA QUR'AN PESERTA DIDIK DI MTS MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan menganalisis kemampuan membaca Al-Qur'an peserta didik di MTS Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Penelitian ini adalah penelitian pendidikan agama Islam dengan menggunakan pendekatan studi kasualitas, dalam hal ini untuk mengamati dan menganalisis peserta didik kelas VII di MTS Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung yang masih belum mampu membaca Al-Qur'an dengan baik. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, tes dan dokumentasi, metode penelitian dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah quasi eksperimen yakni data responden akan dikelompokkan menjadi dua kelas. Kelas eksperimen menggunakan metode Fashahatul Lisan dan kelas kontrol menggunakan metode Asy-Syafi'i, semua data akan diolah untuk menganalisis efektivitas metode Fashahatul Lisan peserta didik kelas VII di MTS Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-Gain Skore untuk kelas eksperimen (metode Fashahatul Lisan) adalah sebesar 58,3103 atau 58,3%, termasuk dalam kategori cukup efektif dengan nilai N-Gain Skore minimal 28% dan maksimal 95,83%. Maka dapat disimpulkan bahwa metode Fashahatul lisan cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an peserta didik kelas VII di MTS Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung tahun pelajaran 2020/2023. Kata Kunci : efektivitas, kemampuan membaca, metode iv ABSTRACT This study aims to analyze the ability to read the Koran of students at MTS Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. This research is an Islamic religious education study using a causality study approach, in this case to observe and analyze VII grade students at MTS Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung who are still unable to read the Qur'an properly. This study used observation, test and documentation data collection techniques. The research method in this study was quantitative and the type of research was quasi-experimental, in which the respondent's data would be grouped into two classes. The experimental class uses the Fashahatul Oral method and the control class uses the Asy-Syafi'i method. All data will be processed to analyze the effectiveness of the Fashahatul Oral method for class VII students at MTS Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. The results showed that the average value of the N-Gain Score for the experimental class (Fashahatul Lisan method) was 58.3103 or 58.3%, included in the quite effective category with an N�Gain Score of at least 28% and a maximum of 95.83 %. So it can be concluded that the oral Fashahatul method is quite effective in improving the ability to read the Koran for class VII students at MTS Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung in the 2020/2023 academic year. Keywords: effectiveness, reading ability, method

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Sep 2023 07:13
Last Modified: 05 Sep 2023 07:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30094

Actions (login required)

View Item View Item