PERAN KEPALA MADRASAH DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM DI MTs DARUL HUDA BANDAR LAMPUNG

DESMA, LINDA SAFITRI (2023) PERAN KEPALA MADRASAH DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM DI MTs DARUL HUDA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (8MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan pra penelitian yang dilakukan penulis di MTs Darul Huda Bandar Lampung. Penulis menemukan Mengenai kurikulum, MTs Darul Huda Bandar Lampung masih menggunakan kurikulum K13, dan untuk perubahan menuju kurikulum merdeka MTs Darul Huda ini belum di anjurkan,penulis juga menemukan upaya yang dilakukan kepala madrasah dalam peningkatan kompetensi pengembangan kurikulum yaitu dengan mengadakan sosialisasi kepada tenaga pendidik, setiap membuat kurikulum, pihak MTs Darul huda membentuk suatu tim pengembangan kurikulum. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang Peran Kepala Madrasah Dalam Pengembangan kurikulum di MTs Darul Huda Bandar Lampung yang berkaitan tentang : 1). Untuk mengetahui Peran kepala madrasah sebagai pendidik dalam pengembangan kurikulum di MTs Darul Huda Bandar Lampung. 2). Untuk mengetahui peran kepala madrasah sebagai manajer dalam pengembangan kurikulum Di MTs Darul Huda Bandar Lampung. 3). Untuk mengetahui peran kepala madrasah sebagai administrator dalam pengembangan kurikulum di MTs Darul Huda Bandar Lampung. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif menggunakan teknik pengumpulan data dalam peneltian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis datanya adalah reduksi data,penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sumber data dalam penelitian ini diantaranya kepala madrasah dan waka kurikulum dan pihak tata usaha. Teknik pengumpulan data ini menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Berdasarkan hasil penenlitian yang di lakukan oleh penulis di MTs Darul Huda Bandar Lampung, penulis menemukan mengenai Peran kepala madrasah sebagai pendidik, kepala madrasah di MTs Darul Huda Bandar lampung berperan sebagai fasilitataor, pengambilan kebijakan, dan memantau kurikulum yang dilaksanakan. Jika peran kepala madrasah sebagai pendidik itu terlaksana maka apa yang diinginkan akan tercapai, begitu juga dengan peran kepala madrash sebagai manager yaitu sebagai supervisor, memberikan arahan kepada pihak guru/pengajar. Terakhir yang ditemukan penulis yaitu peran kepala madrasah sebagai admistrator yang dilakukan kepala madrasah selalu mengecek bagaimana sistem kerja para dewan guru, mensupervisi kerja para dewan guru. Kata Kunci : Peran Kepala Madrasah, Pengembangan Kurikulum iv ABSTRACT Based on pre-research conducted by the author at MTs Darul Huda Bandar Lampung. The author found that regarding the curriculum, MTs Darul Huda Bandar Lampung still uses the K13 curriculum, and for changes to an independent curriculum, MTs Darul Huda has not been recommended. every time they make a curriculum, MTs Darul Huda forms a curriculum development team. This study aims to describe the Role of the Madrasa Head in Curriculum Development at MTs Darul Huda Bandar Lampung which is related to: 1). To find out the role of the head of the madrasa as an educator in curriculum development at MTs Darul Huda Bandar Lampung. 2). To find out the role of the madrasah head as a manager in curriculum development at MTs Darul Huda Bandar Lampung. 3). To find out the role of the madrasah head as an administrator in curriculum development at MTs Darul Huda Bandar Lampung. This research method uses a descriptive qualitative approach using data collection techniques in this research are observation, interviews and documentation. The data analysis technique was data reduction, data presentation and conclusion. Sources of data in this study included the head of the madrasah and deputy head of curriculum and administration. This data collection technique uses triangulation techniques and sources. Based on the results of research conducted by the author at MTs Darul Huda Bandar Lampung, the authors found regarding the role of the madrasa head as an educator, the head of the madrasa at MTs Darul Huda Bandar Lampung acts as a facilitator, policy maker, and monitors the implemented curriculum. If the role of the head of the madrasa as an educator is carried out then what is desired will be achieved, as well as the role of the head of the madrasa as a manager, namely as a supervisor, giving direction to the teacher/teaching. Finally, what the author found was the role of the head of the madrasa as administrator, which was carried out by the head of the madrasa always checking how the work system of the teacher council was working, supervising the work of the teacher council. Keywords : the role of the madrasah, curriculum development

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Sep 2023 04:11
Last Modified: 05 Sep 2023 04:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30088

Actions (login required)

View Item View Item