ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP PEMBUATAN DAN PENJUALAN BONEKA AMONG US TANPA SEIZIN DEVELOPER GAME (Studi di Abih Decoration Party Bandar Lampung)

KENNY, ADAM (2023) ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP PEMBUATAN DAN PENJUALAN BONEKA AMONG US TANPA SEIZIN DEVELOPER GAME (Studi di Abih Decoration Party Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of KENNY FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan dunia semakin marak dengan berbagai jenis bisnis untuk memenuhi kebutuhan dan kesejateraan hidup manusia, sama halnya dengan bisnis yang bergerak dibidang penyelenggara persiapan acara atau event. Seperti Event Organizer yang bertugas untuk menjadi pihak yang bertanggung jawab atas kelancaran sebuah acara. Disini Abih Decoration Party mendapatkan klien yang ingin menggunakan jasanya untuk acara ulang tahun anak yang bertemakan Among Us. Among Us sendiri adalah sebuah game yang bertemakan luar angkasa, game ini rilis pada tahun dan terkenal pada tahun yang sangat digemari remaja pada saat pandemi Covid- yang dimana game ini bisa dimainkan sampai orang secara online. Seiring dengan terkenalnya game tersebut banyak kalangan yang membuat kerajinan boneka Among Us untuk dijadikan merchandise maupun property dekorasi dikalangan event organizer. Permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimana praktik pembuatan dan penjualan boneka among us pada Abih Decoration Party Bandar Lampung. Dan bagaimana analisis hukum Islam terhadap pembuatan dan penjualan boneka Among Us itu tanpa seizin developer game pada Abih Decoration Party Bandar Lampung Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui praktik pembuatan dan penjualan boneka Among Us tanpa seizin Developer Game yang terjadi di Abih Decoration Party Bandar Lampung, dan untuk mengetahui analisis hukum Islam terhadap pembuatan dan penjualan boneka Among Us tanpa seizin Developer Game yang terjadi di Abih Decoration Party Bandar Lampung. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk memperoleh data, penulis melakukan observasi dan wawancara. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan ( Field Research), penelitian data maupun informasi bersumber dari lapangan, sampel yang diambil orang yang terdiri dari pemilik event organizer dan orang sebagai karyawan dari Abih Decoration Party. Berdasarkan hasil penelitian, kesimpulan yang penulis dapatkan ialah Praktik pembuatan dan penjualan Boneka Among Us yang dilakukan tanpa seizin pemilik game atau tanpa seizin developer game tidak diperbolehkan dalam Islam karena termasuk jual beli yang dilarang dalam Islam karena mengandung unsur pencurian yang diartikan jual beli tersebut sudah mengambil haknya yang bukan miliknya dengan melakukan jual beli boneka yang dijadikan manequin tanpa seizin pemilik game atau tanpa seizin developer game. Menurut iv hukum Islam praktik dan penjualan Boneka Among Us Tanpa Seizin Developer Game yang terjadi di Abih Decoration Party ini tidak diperbolehkan dalam Islam, karena mengandung unsur pencurian hak cipta yang sudah tercantum dan dijelaskan dalam sumber hukum Islam itu sendiri yaitu Al-Quran dan Hadis. Sejalan dengan kesimpulan yang penulis dapatkan diatas, rukun dan syarat jual beli yang dijalankan oleh Abih Decoration Party belum terpenuhi, dikarenakan barang yang dijual yaitu boneka Among Us tersebut merupakan barang ciptaan orang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Sep 2023 04:03
Last Modified: 05 Sep 2023 04:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30087

Actions (login required)

View Item View Item