PENGARUH PENDEKATAN DIMENSIONS OF LEARNING BERBASIS MEDIA GAMBAR TERHADAP PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS X SMA N1 SEMAKA

Munawaroh, Siti (2018) PENGARUH PENDEKATAN DIMENSIONS OF LEARNING BERBASIS MEDIA GAMBAR TERHADAP PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS X SMA N1 SEMAKA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Full_SITI.pdf] PDF
Download (67MB)

Abstract

Berdasarkan table kognitif, afektif dan psikomotorik capain penguasaan konsep biologi kognitif tidak tuntas untuk pelajaran Biologi pada materi ruang lingkup biologi. Penggunaan pendekatan Dimensions Of Learning belum terlaksana pada penyampaian materi dan penggunaan metode ceramah pada mata pelajaran Biologi membuat peserta didik jenuh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan Dimensions Of Lerning terhadap penguasaan konsep biologi peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Semaka, Kabupaten Tanggamus tahunp elajaran 2014/2015. Sampel sebanyak 66 orang peserta didik yang di ambil dari 136 peserta didik pada kelas X di SMA Negeri 1 Semaka KabuaptenTanggamus. Sampel yang diambil menggunakan teknik cluster random samplingyaitu kelas X IPA1yang berjumlah 29 sebagai kelas eksprimen, dan kelas X IPA2 yang berjumlah 28 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan test, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah pretest dan posttest berbentuk tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar peserta didik pada ranah kognitif. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat menunjukan pada pretest kelas eksperimen untuk nilai rata-ratanya adalah 44.39, nilai rata-rata postestnya sebesar 71.33 dan N-Gainnya adalah 0,51. yang termasuk dalam kategori sedang. Sedangkan untuk nilai rata-rata pretest kelas control adalah 40.45, nilai rata-rata postestnya adalah 60.06 danN-gainnya adalah 0,35 yang juga termasuk dalam kategori sedang. Dan bersadarkan hasil uji t menunjukkan bahwa (Db:N-2) (α=0,05),dan hasil yang diperoleh ttabel(0,05)= 1,39 dengan db 82, α=0,05. HO ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai hasil belajar penguasaan konsep biologi peserta didik di kelas eksperimen dan kontrol menunjukkan perbedaan signifikan. Maka, terdapat pengaruh signifikan terhadap pengaruh pendekatan Dimensions Of Learningberbasis media gambar terhadap penguasaan konsep Biologi peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Semaka, KabupatenTanggamusTahun Pelajaran 2014/2015 Kata Kunci :Pendekatan Dimensions Of Learning , Hasil Belajar Biologi Ruang Lingkup dan Peranan Biologi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2018 06:30
Last Modified: 15 Jan 2018 06:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3008

Actions (login required)

View Item View Item