PRAKTIK PEMBAGIAN SISA HASIL USAHA DALAM PERSEPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus Pada Koperasi Kredit Mekar Sai Pahoman Bandar Lampung)

MIRANDA, SARI (2023) PRAKTIK PEMBAGIAN SISA HASIL USAHA DALAM PERSEPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus Pada Koperasi Kredit Mekar Sai Pahoman Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL MIRANDASARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah adanya Praktek Pembagian Sisa Hasil Usaha di Koperasi Kredit Mekar Sai yang terletak di Pahoman Bandar Lampung. Sisa Hasil Usaha merupakan pendapatan koperasi yang diperoleh dalam satu tahun buku dikurangi dengan biaya, penyusutan, dan kewajiban lain termasuk pajak dalam tahun buku yang bersangkutan. Keraguan�raguan masyarakat Indonesia yang mayoritas adalah muslim khususnya masyarakat menengah kebawah, sebagai calon pengguna koperasi terbanyak yang tidak mau terjebak kedalam praktik riba terhadap munculnya produk-produk koperasi. Apakah ini termasuk dalam riba atau bukan, karena Sisa Hasil Usaha tersebut berasal dari keuntungan penjualan produk dan jasa dari utang piutang. Tetapi disisi lain koperasi milik bersama dan dinikmati bersama bahkan setiap anggotanya merasa tidak dirugikan sama sekali. Rumusan Masalah Dalam Penelitian Ini Adalah; 1) Bagaimana Praktik Pembagian Sisa Hasil Usaha di Koperasi Kredit Mekar Sai Pahoman Bandar Lampung. 2) Bagaimana Praktik Pembagian Sisa Hasil Usaha Di Koperasi Kredit Mekar Sai Pahoman Bandar Lampung dalam perspektik Hukum Ekonomi Syariah. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui Bagaimana Praktik Pembagian Sisa Hasil Usaha di Koperasi Kredit Mekar Sai Pahoman Bandar Lampung dan untuk mengetahui Bagaimana Praktik Pembagian Sisa Hasil Usaha Di Koperasi Kredit Mekar Sai Pahoman Bandar Lampung Dalam Perspektik Hukum Ekonomi Syariah. Selain itu jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (fieldresearch), data primer diperoleh dari hasil wawancara dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan cara dan pemeriksaan data dan sistematika data. Analisis data dilakukan dengan cara analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ini adalah Pembagian sisa hasil usaha pada Koperasi Kredit Mekar Sai Pahoman Bandar Lampung bahwa besarnya keuntungan yang didapat oleh masing-masing anggota tidak sama dan tidak dihitung hanya dari besarnya simpanan anggota, melainkan dihitung dari jumlah jasa pada transaksi atau modal masing-masing yang dilakukan anggota. Pembagian Sisa Hasil Usaha (SHU) pada Koperasi kredit Mekar Sai Pahoman Bandar Lampung bedasarkan praktik bagi hasil telah sesuai dengan akad syirkah al-inan, dikarenakan dari penanaman modal, pekerjaan, keuntungan, kerugian dan persentase dari transaksi masing-masing anggota pada penjualan produk koperasi tidak sama. Akan tetapi, produk simpin (Simpan pinjam) pada Koperasi kredit Mekar Sai Pahoman Bandar Lampung masih menggunakan jasa 1% pada setiap pembayarannya. Berkaitan dengan hal ini, anggota tidak merasa diberatkan bahkan anggota merasa tertolong. Dalam hal ini penulis memilih jasa pinjam 1% bukan termasuk bunga dikarenakan jasa tersebut sudah disepakati semua anggota. Kata Kunci: Koperasi, Sisa Hasil Usaha, Syirkah al-inan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Sep 2023 03:23
Last Modified: 05 Sep 2023 03:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30079

Actions (login required)

View Item View Item