TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP BANTUAN HUKUM CUMA CUMA BERDASARKAN UNDANG UNDANG NO 16 TAHUN 2011 (Studi Pada Lembaga Bantuan Hukum Hendrico S.H & Rekan Bandarjaya Lampung Tengah)

Yogi, Pradita (2023) TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP BANTUAN HUKUM CUMA CUMA BERDASARKAN UNDANG UNDANG NO 16 TAHUN 2011 (Studi Pada Lembaga Bantuan Hukum Hendrico S.H & Rekan Bandarjaya Lampung Tengah). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI YOGI PRADITA FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Bantuan hukum merupakan sebuah jasa hukum yang diberikan oleh pemberi bantuan hukum kepada penerima bantuan hukum yang menghadapi masalah hukum, dan bantuan hukum merupakan pelayanan hukum (legal service) yang bertujuan untuk memberikan pembelaan terhadap hak-hak asasi tersangka/terdakwa sejak ia ditahan sampai diperolehnya putusan pengadilan yang tetap. Profesi advokat dalam Islam adalah sebagai salah satu profesi yang penting terutama dalam menegakan keadilan dan hak asasi manusia demi tercapainya kehidupan yang baik dan tertata. Dengan ini jelas bahwa apa yang telah terjadi perwakilan dalam menegakan keadilan harus sesuai dengan hukum Allah SWT. Namun kenyataan di lapangan menunjukan bahwa pemberian Bantuan Hukum Secara Cuma-cuma yang dilakukan belum banyak menyentuh orang atau kelompok orang miskin, sehingga mereka kesulitan untuk mengakses keadilan karena terhambat oleh ketidakmampuan mereka untuk mewujudkan hak-hak konstitusional mereka. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana praktik Bantuan Hukum Cuma Cuma bedasarkan Undang-undang 16 Tahun 2011 pada Lembaga Bantuan Hukum Hendrico S.H & Rekan Bandarjaya Lampung Tengah? dan bagaimana pandangan fiqh siyasah tentang praktik Bantuan Hukum Cuma Cuma bedasarkan Undang�undang No 16 Tahun 2011 pada Lembaga Bantuan Hukum Hendrico S.H & Rekan Bandarjaya Lampung Tengah?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik Bantuan Hukum Cuma Cuma bedasarkan Undang Undang No 16 Tahun 2011 pada Lembaga Bantuan Hukum Hendrico S.H & Rekan Bandarjaya Lampung Tengah dan untuk mengetahui fiqh siyasah tentang Bantuan Hukum Cuma Cuma bedasarkan Undang�Undang No 16 Tahun 2011 pada Lembaga Bantuan Hukum Hendrico S.H & Rekan Bandarjaya Lampung Tengah. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field reasearch) dan penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan sumber data primer (diperoleh langsung dari lapangan) dan data sekunder (buku, jurnal dsb), dan metode pengumpulan data yaitu wawancara dan iv dokomentasi. Sedangkan analisa data dilakukan dengan kualitatif dengan metode berfikir Induktif. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa kepada LBH Hendrico, S.H dan Rekan, supaya lebih meningkatkan sosialisai tentang Undang- Undang Nomor 16 Tahun 2011, serta memberikan informasi dan pelayanan hukum. Dan diharapkan juga agar terus berupaya dalam mewujudkan pelaksanaan pemberian bantuan hukum secara Cuma-Cuma kepada masyarakat tidak mampu, karena bagaimanapun peran dari penegak hukum sangatlah dibutuhkan untuk terciptanya penegakan hukum yang adil untuk masyarakat. Kepada masyarakat Bandar Jaya atau para pencari keadilan yang belum mengerti atau paham tentang hukum hendaknya agar senantiasa mengikuti seluruh kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan oleh LBH Hendrico, S.H dan rekan agar dapat menerima bantuan hukum secara Cuma-Cuma.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Sep 2023 08:02
Last Modified: 04 Sep 2023 08:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30074

Actions (login required)

View Item View Item