ANALISIS PENGELOLAAN DANA WAKAF TUNAI DALAM PEMBEBASAN ASET LAHAN PONDOK PESANTREN YATIM DHUAFA BAITUL MAAL HIDAYATULLAH (Studi di Baitul Maal Hidayatullah Desa Karang Rejo Metro Utara)

Muhammad, Seto Mahindra (2023) ANALISIS PENGELOLAAN DANA WAKAF TUNAI DALAM PEMBEBASAN ASET LAHAN PONDOK PESANTREN YATIM DHUAFA BAITUL MAAL HIDAYATULLAH (Studi di Baitul Maal Hidayatullah Desa Karang Rejo Metro Utara). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan penelitian ini yaitu banyak tanah wakaf yang belum tersertifikasi disebabkan tanah wakaf digugat bahkan ditarik kembali oleh ahli waris dan pihak lain. Rumusan masalah penelitian yaitu 1. Bagaimana strategi penghimpunan dana wakaf tunai dalam pembebasan lahan di BMH, 2. Bagaimana pengelolaan dana wakaf tunai dalam pembebasan lahan di BMH, 3. Bagaimana penyaluran dana wakaf tunai dalam pembebasan lahan di BMH. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), sifat penelitian ini bersifat deskriptif analisis yaitu deskriptif, gambaran, atau lukisan secara sistematis dan objektif mengenai fakta�fakta, sifat-sifat tentang Pengelolaan Dana Wakaf Tunai Dalam Pembebasan Aset Lahan Pondok Pesantren Yatim Dhuafa BMH. Penelitian ini bersumber dari data primer yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi pustaka (libarary research) berupa, Al-Quran, Hadist, jurnal, dokumen, buku dan karya ilmiah lainnya. Data yang diambil sebagai rujukan selanjutnya dianalisis dengan cara analisis kualitatif melalui metode bersifat deskriptif analisis dengan pendekatan deduktif. Hasil penelitian ini pada strategi penghimpunan BMH melalui isi konten dalam promosi wakaf tunai, melakukan implementasi untuk meningkatkan kepercayaan wakif melalui program pelayanan serta evaluasi berbasis media sosial. Pengelolaan dana wakaf tunai dalam pembebasaan lahan BMH melalui pendekatan produktif untuk kemaslahatan masyarakat. Penyaluran dana wakaf tunai dalam pembebasan lahan BMH melakukan penyalurannya dibidang pendidikan dan sosial. Kata Kunci: Wakaf Tunai, Pengelolaan, BMH.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Sep 2023 07:25
Last Modified: 04 Sep 2023 07:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30066

Actions (login required)

View Item View Item