MANAJEMEN MUTU LULUSAN DI MTS MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG

RAHMA, YULIANTI (2023) MANAJEMEN MUTU LULUSAN DI MTS MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (8MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL RAHMA YULIANTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana mutu lulusan MTs Muhamadiyah Sukarame Bandar Lampung, Melalui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang di laksanakan di madrasah untuk meningkatkan mutu lulusan. Penelitian ini ialah penelitian kualitatif, dengan menerapkan teknik wawacara terstruktur dan wawancara bebas terstruktur (gabungan), pengamatan/observasi non-partisipan dan dokumentasi. Perolehan dari penelitian melalui 2 sumber yaitu, data primer (kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kurikulum, pendidik, serta peserta didik) dan data sekunder (teori dan data lainnya dari kepustakaan serta dokumentasi sekolah). Uji keabsahan data melalui triangulasi tehnik dan triangulasi sumber. Dalam metode analisis data menggunakan: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa mutu input baik, proses belajar mengajar MTs Muhamadiyah termasuk baik, begitu juga dengan mutu output di madrasah ini sudah tercapai semua, Hal ini di tunjukan adanya motifasi siswadalam mengikuti peroses pembelajaran cukup baik dan tugas tugas di kerjakan dengan tertib. Mutu output di madrasah sudah terbilang baik, peran guru dalam meningkatkanmutu pembelajaran sudah di laksanakan dengan baik dengan menggunakan sarana dan prasarana yng sudah di lengkapi oleh madrasah sehingga bias menunjang keberhasilan siswa guna menjadikan MTs Muhamadiyaah Sukarame menjadi madrasah yang memiliki mutu lulusan yang berkualitas dan di akui kualitas nya oleh semua lembaga pendidikan. Kata Kunci : Mutu Lulusan, Input siswa, Proses Pembelajaran, dan Output iii ABSTRACT The problem in this research is how the quality of MTs Muhamadiyah Sukarame Bandar Lampung graduates. Throught planning, implementation and evaluation carried out in madrasah to improve the quality of graduates. This research is a qualitative research using structured interview techniques and structured free interviews (combined), observation/observation of non-prticipants and documentation.Acquisition and research through 2 sources, namely, primary data ( head of madrasah, deputy head of madrasah curriculum,educators,and participans students) and secondary data ( theory and other data from literature and school documentation). Test the validity of the data through technical triangulation and source triangulation. In the method of data analysis using data reduction, data presentation,and drawing conclusions. The results showed that the input quality was good, the teaching and learning process at MTs Muhamadiyah was good ,as well as the output quality in this madrasah had all been achieved. This indicated that the student’s motivation in following the learning process was quite good and the task carried out in an orderly manner. The output quality in madrasah is fairly good, the teacher’s role in improving the quality of learning has been carried out properly by using the facilities and infrastructure that have been equipped by the madrasah so that it can support student success in order to make MTs Muhamadiyah Sukarame a madrasah that has quality graduate who are quality andrecognized quality by all educational institution. Keywords : Quality Graduates, Student Input, Learning Process, and output.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Sep 2023 07:16
Last Modified: 04 Sep 2023 07:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30065

Actions (login required)

View Item View Item