PEMBERDAYAAN PENGURUS PONPES MIFTAHUL JANNAH DALAM PEMBINAAN LIFE SKILL PARA SANTRI (Studi Kasus Pada Kampung Belajar D’lima Kelurahan Labuhan Ratu Raya Kecamatan Kedaton Kota Bandar Lampung)

EKO, PURNOMO (2023) PEMBERDAYAAN PENGURUS PONPES MIFTAHUL JANNAH DALAM PEMBINAAN LIFE SKILL PARA SANTRI (Studi Kasus Pada Kampung Belajar D’lima Kelurahan Labuhan Ratu Raya Kecamatan Kedaton Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB I II V DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI EKO PURNOMO FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Dilihat sejarah perkembangannya, pondok pesantren tetap eksis dan konsisten dalam menjalankan fungsinya sebagai pusat pengajaran ilmu agama Islam yang melahirkan kader ulama, ustadz, mubaligh yang kehadirannya sangat dibutuhkan dimasyarakat. Oleh karena itu, pondok pesantren sebagai lembaga dakwah dan lembaga pengembangan masyrakat fungsi-fungsi tersebut diharapkan dapat terus dikembangkan di masa yang akan datang. Panti Asuhan Miftahul Jannah terhadap anak yatim dan dhuafa, harapannya mereka bisa mengembangkan kemampuannya dengan berkarir melalui sebuah perusahaan atau membuka usaha baru yang sebelumnya mereka dibekali dengan keterampilan life skill. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pemberdayaan life skill para santri Ponpes Miftahul Jannah di Kampung Belajar D’lima Kota Bandar Lampung? Dan apa faktor-faktor yang mempengaruhi pemberdayaan life skill para santri Ponpes Miftahul Jannah di Kampung Belajar D’lima Kota Bandar Lampung? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan sifat penelitian analisis deskriptif. Teknik penentuan responden dengan teknik purposive sampling. Responden dalam penelitian ini adalah 3 orang Pengurus Pondok Pesantren Miftahul Jannah. Teknik pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisa data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengemukakan bahwa Pemberdayaan life skill para santri Ponpes Miftahul Jannah di Kampung Belajar D’lima Bandar Lampung adalah pendidikan life skill bidang pertanian dan bidang perkebunan. Setelah dilakukan pendidikan life skill dalam bidang pertanian dan perkebunan, para santri telah mampu melakukan seluruh tahapan pertanian dari awal hingga akhir dan mengoperasikan alat-alat penunjang dengan baik. . Kata kunci :Pemberdayaan, Pengembangan, Life Skill, Santri

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Sep 2023 07:05
Last Modified: 04 Sep 2023 07:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30063

Actions (login required)

View Item View Item