TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP DAMPAK POSITIF ADANYA PEMEKARAN DESA BAGI MASYARAKAT (Studi di Desa Tanjung Harapan Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Mesuji)

Jihan, Agani (2023) TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP DAMPAK POSITIF ADANYA PEMEKARAN DESA BAGI MASYARAKAT (Studi di Desa Tanjung Harapan Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Mesuji). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of skipsi jihan cetak.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Pertumbuhan Desa dari tahun ke tahun menunjukkan suatu peningkatan sebagai efek dikeluarkannya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Tujuan utama pemekaran desa adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memudahkan pelayanan publik. Desa Tanjung Harapan merupakan salah satu dari beberapa Desa yang merupakan Desa pemekaran, kemajuan Desa tentu tidak lepas dari faktor-faktor pendukung, dalam hal ini adanya peran kepala desa, serta masyarakat yang sangat penting dalam kemajuan suatu desa khususnya Desa Tanjung Harapan. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu, bagaimana dampak positif adanya pemekaran desa bagi masyarakat Desa Tanjung Harapan Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Mesuji dan bagaimana tinjauan fiqh siyasah terhadap dampak Positif adanya pemekaran desa bagi masyarakat Desa Tanjung Harapan Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Mesuji. Penelitian bertujuan untuk mengetahui dampak positif adanya pemekaran desa bagi masyarakat Tanjung Harapan Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Mesuji dan untuk mengetahui tinjauan fiqh siyasah terhadap Positif adanya pemekaran desa bagi masyarakat Desa Tanjung Harapan Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Mesuji. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field Research), dan sifat penelitian ini yaitu deskriptif analitis. Sumber data yang digunakan adalah jenis data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data meliputi, wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik pengelolaan data yaitu, editing, coding dan sistematika data, kemudian data dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik sebuah kesimpulan. Pertama, adanya pemekaran Desa mampu memberikan dampak positif yang sangat membantu masyarakat dalam kegiatan pelayanan publik, Kemudian mengenai sarana dan prasarana di Desa Tanjung Harapan telah mengalami iii peningkatan, seperti perbaikan dalam sarana transportasi yaitu jalan, dan pembangunan-pembangunan lainnya yang terjadi akibat adanya Pemekaran Desa, hal ini tentu saja tak lepas dari kompetensi pelaksana dan kebijalan-kebijakan yang dikeluarlkan oleh pemerintahan Desa pasca pemekaran. Oleh karena itu dapat kita pahami bahawa dampak pemekaran Desa khususnya di Desa Tanjung Harapan suda memiliki dampak positif bagi masyarakat. Kedua, Menurut tinjauan fiqh siyasah, dampak positif Pemekaran Desa bagi masyarakat Desa Tanjung Harapan Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Mesuji sudah sesuai dengan fiqh siyasah, Sebagaimana dalam surat Anisa Ayat 58 menjelaskan pemerintah mempunyai kewajiban dalam menetapkan kebijakan-kebijakan harus berorientasi pada kemaslahatan masyarakat. Kata Kunci: Tinjauan Fiqh Siyasah, Dampak Positf, Pemekaran Desa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Sep 2023 04:35
Last Modified: 04 Sep 2023 04:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30058

Actions (login required)

View Item View Item