IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA PERILAKU PESERTA DIDIK KELAS XI DI MA AL-HIKMAH BANDAR LAMPUNG

M. RIFQI, NUGROHO (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA PERILAKU PESERTA DIDIK KELAS XI DI MA AL-HIKMAH BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK RIFQI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran Akidah akhlak merupakan pembelajaran yang ditujukan untuk meningkatkan ketaqwaan, keimanandan rasa cinta peserta didik kepada Allah swt. Bagi peserta didik hasil dari ketaqwaan, keimanan dan kecintaan pada Allah swt, akan tertanam rasa kasih sayang, sopan santun, tutur kata yang baik, senang melihat kebaikan dan benci melihat kemungkaran, sehingga kepribadian peserta didik bersifat akhlak yang mulia yang memiliki pribadi yang tangguh, unggul, berkualitas dan bertanggung jawab. Sehubungan dengan hal itu, pembelajaran Akidah akhlak harus dilakukan dengan baik, mengingat bahwa pembelajaran Akidah akhlak memiliki tujuan yang ingin dicapai seperti pembelajaran PAI, yaitu usaha untuk membentuk dan meningkatkan keimanan dengan melalui pemberian dan pembentukan pengetahuan, penghayatan, pengalaman serta pengalaman peserta didik tentang agama Islam, sehingga menjadi manusia muslim yang terus meningkatkan keimanan, ketakwaanya kepada Allah swt serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, serta dapat melanjutkan pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Di Madrasah Aliyah Al�Hikmah Bandar Lampung, guru akidah akhlak berusaha untuk membimbing akhlak peserta didik dengan harapan akan terbentuknya anak yang selalu mengamalkan nilai-nilai ajaran agama Islam. Namun dilihat dari hasil pembinaan akhlak tersebut yang kenyataannya diambil dari kondisi akhlak peserta didik itu sendiri masih banyak diantara peserta didik yang bertingkah laku kurang baik. Dari hasil observasi yang dilakukan di kelas XI A Madrasah Aliyah MA Al Hikmah Bandar Lampung diperoleh data yang menunjukan kurang baiknya akhlak peserta didik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif-deskriptif yaitu pendekatan penelitian yang berusaha mendesripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi sekarang yang dimana penelitian ini memotret peristiwa dan kejadian yang terjadi menjadi focus perhatiannya untuk kemudian di jabarkan sebagimana adanya. Metode penelitian kualitatif diartikan secara ilmiah untuk mendapat data yang mendalam, suatu data yang mengandung makna. Makna adalah data yang sebenarnya, data yang pasti yang merupakan suatu nilai dibalik data yang tampak. Berdasarkan penelitian yang di lakukan peneliti di MA Al Hikmah Bandar Lampung dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran Aqidah Akhlak sudah berjalan dengan efektif karena lingkungan yang iii cukup kondusif dan juga guru mata pelajaran Aqidah Akhlak mengajar dengan baik sehingga peserta didik lebih mudah memahami mata pelajaran Aqidah Akhlak. Perilaku peserta didik di MA Al Hikmah Bandar Lampung sudah cukup baik dilihat dari tingkah laku peserta didik di sekolah. Adapun perilaku peserta didik di luar sekolah itu berdasarkan pengawasan dari orangtua masing-masing peserta didik. Implementasi pembelajaran Aqidah Akhlak terhadap perilaku peserta didik di MA Al Hikmah Bandar Lampung sudah terlaksana dengan baik. Adapun beberapa peserta didik yang belum mengimplementasikan itu tergantung bagaimana peserta didik memahami pembelajaran Aqidah Akhlak tersebut, karena perubahan perilaku atau tingkah laku peserta didik tidak hanya setelah belajar Aqidah Akhlak tetapi juga di sebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya faktor keluarga dan lingkungan dimana peserta didik itu berada. Kata Kunci: Pembelajaran Akidah Akhlak, Karakter Peserta Didik, MA Al-Hikmah Bandar Lampung

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Sep 2023 04:11
Last Modified: 04 Sep 2023 04:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30053

Actions (login required)

View Item View Item