TINJAUAN FIQH SIYSAH TERHADAP PERANAN KEPALA DESA DALAM PENCEGAHAN PENULARAN COVID-19 (Studi di Desa Kotanapal Kecamatan Bungamayang Kabupaten Lampung Utara)

R Permata, Mangku Negara (2023) TINJAUAN FIQH SIYSAH TERHADAP PERANAN KEPALA DESA DALAM PENCEGAHAN PENULARAN COVID-19 (Studi di Desa Kotanapal Kecamatan Bungamayang Kabupaten Lampung Utara). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI (Cover - BAB I - II & DAPUS).pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Peran kepala desa dalam pencegahan Covid 19 di desa Kota Napal ini mengajak para masyarakat dengan membuat posko Satgas Covid 19, mengadakan jadwal piket untuk penjagaan posko Satgas Covid, memberikan himbauan terhadap masyarakat. Namun dalam segi pelaksanaan, peran kepala desa Kota Napal sudah optimal namun masih ditemukannya masyarakat yang kurang adanya antusias dan rasa tanggung jawab dalam mengemban tugas, selain itu juga tidak adanya rasa empati terhadap peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah. Pelaksanaan pencegahan Covid 19 tentunya tidak terlepas dari peran kepala desa Kota Napal, sesuai dengan pengamatan peneliti peran kepala desa Kotanapal sudah ada rasa tanggung jawab serta dalam mengemban tugas, serta memiliki rasa partisipasi terhadap peraturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah akan tetapi Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan kepala desa dalam pencegahan penularan covid-19 di desa Kota Napal Kecamatan Bunga Mayang Kabupaten Lampung Utara dan untuk mengetahui tinjauan fiqh siyasah terhadap peranan kepala desa dalam pencegahan penularan covid-19 di desa Kota Napal Kecamatan Bungamayang Kabupaten Lampung Utara. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yaitu metode yang mengasilakan data deskriptif yaitu menggunakan studi kasus merupakan suatu pendekatan yang digunakan untuk mempelajari secara dalam dan juga menggunakan suatu pendekatan dengan memusatkan perhatian pada satu kasus secara insentif dan rinci. Kesimpulan dalam penelitian ini peran Kepala Desa Kota Napal dalam melakukan pencegahan penularan Covid-19 sudah dijalankan secara optimal dan sudah sejalan dengan Peraturan Pemerintah Daerah No. 55 Tahun 2020, meskipun terdapat kendala dalam menjalankan perannya yaitu kurangnya kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan. Tinjauan fiqh siyasah terhadap Peran kepala desa Kota Napal dalam melakukan pencegahan penularan Covid-19 di Desa Kota Napal dalam meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pencegahan Covid-19, sudah berjalan sesuai Fiqh Siyasah Tanfidziyyah yaitu mengutamakan kemashlahatan umat mengemban tugas dengan senantiasa beriorientasi pada terwujudnya kemaslahatn masyarakatnya ,dan sejalan dengan perturan pemerintah Daerah No. 55 tahun 2020. Kata Kunci: Fiqh Siyasah, Kepala Desa, Covid-19

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Sep 2023 01:59
Last Modified: 04 Sep 2023 01:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30041

Actions (login required)

View Item View Item