RELEVANSI ISLAM WASATHIYAH DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM

TIARA, PUTRI HABI (2023) RELEVANSI ISLAM WASATHIYAH DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TIARA PUTRI HABI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Era kontemporer yang ditandai dengan globalisasi mendatangkan dampak yang luar biasa bagi pemikiran, prilaku, bahkan kepribadian yang sangat beragam. Yang menjadi permasalahan dapatkah dari yang berbeda tersebut untuk saling menghormati, tidak saling menyalahkan, tidak menyatakan paling benar sendiri, dan bersedia berdialog sehingga tercermin bahwa perbedaan itu benar-benar rahmat. Islam wasathiyah sebagai jalan tengah yang moderat, inklusif dan toleran artinya umat yang berada tengah; yang tidak ekstrem ke kiri atau ke kanan atau ke atas atau ke bawah (Al-Qur‟an/2: 143). Sehingga terciptanya manusia baik dan benar sebagai perwujudan khalifatullah fi al-ardh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana relevansi Islam wasathiyah dengan tujuan pendidikan Islam. Penelitian ini dilakukan karena makin menyebarluasnya tindakan intoleran, paham-paham dan aliran yang beredar dikalangan pelajar serta mahasiswa yang ditandai munculnya kelompok-kelompok yang menyalahkan kelompok lainnya yang tidak sejalan dengannya. Dan hal tersebut hanya bisa diatasi dengan pendidikan untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan dan akhlak mulia. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan atau library research, yaitu penelitian yang mengumpulkan data dan informasi bermacam-macam materi yang terdapat pada buku-buku atau kepustakaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah wawancara dan dokumentasi dengan teknik analisis data menggunakan kajian isi atau biasa disebut content analysis. Dari hasil analisis peneliti maka diperoleh kesimpulan bahwa pendidikan Islam yang moderat dapat diterapkan melalui metode ceramah, diskusi, kerja kelompok, studi kasus terkait moderasi Islam, problem solving, tanya jawab dan pemberian tugas. Hal ini sesuai relevansinya dengan tujuan pendidikan Islam bahwa manusia dapat mencapai kesempurnaan melalui ilmu untuk memberi kebahagiaan di dunia sebagai jalan mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan kata lain tujuan pendidikan Islam selaras dengan Islam wasathiyah bahwa kesempurnaan manusia itu di dunia dan akhirat. Selain itu pendidikan Islam merupakan elemen strategis dalam mencetak generasi yang moderat dengan menggunakan konsep Islam wasathiyah sebagai paradigma dan arus utama, identitas dan watak dasarnya dalam penyelenggaraan pendidikan. Agar bisa mencerahkan manusia dan terhindar dari ideologi-ideologi yang menyesatkan. Kata kunci: Implikasi, Islam Wasathiyah, Tujuan Pendidikan Islam iii ABSTRACT The contemporary era marked by globalization has had a tremendous impact on thoughts, behaviors, and even very diverse personalities. The problem is whether those who are different can respect each other, not blame each other, not declare their own right, and be willing to have a dialogue so that it is reflected that the differences are truly a blessing. Wasathiyah Islam as a middle way that is moderate, inclusive and tolerant means that people are in the middle; which is not extreme to the left or right or up or down (Al-Qur'an/2: 143). So that the creation of good and righteous human beings as the embodiment of khalifatullah fi al-ardh. This study aims to find out how the relevance of Wasathiyah Islam with the goals of Islamic education. This research was carried out because of the increasing spread of intolerance, ideas and currents circulating among students and university students which was marked by the emergence of groups that blamed other groups that were not in line with them. And this can only be overcome by education to create a learning atmosphere and learning process so that students actively develop their potential to have religious spiritual strength, self-control, personality, intelligence and noble character. This research is library research or library research, namely research that collects data and information on various materials contained in books or literature. Data collection techniques used by researchers are interviews and documentation with data analysis techniques using content study or commonly called content analysis. From the results of the researcher's analysis, it was concluded that moderate Islamic education can be implemented through lecture methods, discussions, group work, case studies related to Islamic moderation, problem solving, question and answer and assignment. This is in accordance with its relevance to the goal of Islamic education that humans can achieve perfection through knowledge to give happiness in the world as a way to get closer to Allah SWT. In addition, Islamic education is a strategic element in creating a moderate generation by using the concept of Wasathiyah Islam as the paradigm and mainstream, identity and basic character in the administration of education. In order to enlighten people and avoid misleading ideologies. Keywords: Implications, Wasathiyah Islam, Islamic Education Objectives

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Sep 2023 01:49
Last Modified: 04 Sep 2023 01:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30040

Actions (login required)

View Item View Item