MANAJEMEN KELAS DI MTs NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG

OKTAMA, SARI MAPITA (2023) MANAJEMEN KELAS DI MTs NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi OKTAMA SARI MAPITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Manajemen kelas di Madrasah sudah di rencanakan oleh kepala Madrasah guna untuk membuat suatu perencanaan yang tepat dan dapat menjalankan program – program manajemen kelas di madrasah yang baik. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk mengetahui bagaimana cara mengelola kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaturan peserta didik dan pengaturan fasilitas di MTs Negeri 2 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini Kepala Madrasah, Wakil Kepala Kesiswaan, Wakil kepala Sarana dan Prasarana, Guru Kelas, dan Peserta Didik adalah sebagai subjek penelitian. Sumber observasi dokumentasi data penelitian, yaitu sumber data primer dan skunder. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara. Analisis data yang peneliti gunakan, yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Sedangkan peneliti menggunkan uji keabsahan data di lakukan dengan tringulasi sumber. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa manajemen kelas di MTs Negeri 2 Bandar Lampung sudah dilakukan, yaitu 1) pengaturan peserta didik, yang diawali dengan pengaturan tingkah laku peserta didik, pengaturan kedisiplinan, pengaturan minat / perhatian, pengaturan gairah belajar, serta pengaturan dinamika kelompok. Kemudian 2) pengaturan fasilitas yaitu diawali dengan pengaturan ventilasi, pengaturan pencahayaan, pengaturan kenyamanan, pengaturan letak duduk, serta penempatan peserta didik. Kata Kunci : Manajemen Kelas. ABSTRACT Class management at school has been planned by the principal and a manager in order to make an appropriate plan and beable to carry out classroom management programs in schools well. There fore,it is important for teachers to know how to manage a classroom. This study aims to determine student settings and facility arrangements at MTs Negeri 2 Bandar Lampung. This study uses a descriptive analysis method with aqualitative approach. In this study the principal, vice chairman of student affairs, vice chairman of facilities and infastructure and class teachers were the research subjects. Research data sources, namely primary and secondary data sources. Data collection was done by interview The analysis that the researcher uses were data reducation, data presentation and data verification. While the researchers used the validity of the data to test the triangulation of the source. From there sults of the study it was found that class management at MTs Negeri 2 Bandar Lampung had been carried out, namely 1)student settings, whice began with regulatinng student behavior, disciplinary arrangements, interest attention settings, learning passion settings, and group dynamic settings. Then 2) facility settings, startingwith ventilation settings, lighting setting, comfort settings, seating arrangements, and student placement. Keywords : Class Management.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Sep 2023 03:29
Last Modified: 04 Sep 2023 08:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30039

Actions (login required)

View Item View Item