PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MI MASYARIQUL ANWAR BANDAR LAMPUNG

SITI, ANISAH (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MI MASYARIQUL ANWAR BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL SITI ANISAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MI Masyariqul Anwar Bandar Lampung. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas III di MI Masyariqul Anwar Bandar Lampung tahun ajaran 2022/2023, dengan jumlah populasi 40 siswa. Sampel penelitian yaitu kelas III A sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran Team Game Tournament dan kelas III B sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran Talking Stick. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis Quasy Eksperimental Design, dengan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest-Posttest Control Group design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Instrument tes yang digunakan yaitu pilihan ganda (multi choice). Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dengan uji N-Gain dan uji homogenitas dengan uji Anova. Dilanjutkan dengan uji hipotesis dengan uji-t independent dengan menggunakan bantuan program SPSS Statistik 26.0. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dari data penelitian diperoleh hasil uji hipotesis menggunakan bantuan program SPSS Statistik 26.0 dengan perhitungan uji-t dengan taraf signifikasi 0.000, jika nilai signifikan (2-tailed) < 0.05, maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil tersebut maka terdapat pengaruh hasil belajar antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran TGT disbanding dengan model pembelajaran Talking Stick di kelas III MI Masyariqul Anwar Bandar Lampung. Kata Kunci: Model Pembelajaran Team Game Tournament, Hasil Belajar. iii ABSTRACT This study aims to determine the effect of the Team Game Tournament (TGT) learning model on student learning outcomes in the Fiqh subject at MI Masyariqul Anwar Bandar Lampung. This research was conducted on third grade students at MI Masyariqul Anwar Bandar Lampung for the 2022/2023 academic year, with a total population of 40 students. The research sample was class III A as the experimental class with the Team Game Tournament learning model and class III B as the control class with the Talking Stick learning model. This research is a quantitative research type of Quasy Experimental Design, with the design used in this study is the Pretest�Posttest Control Group design. Data collection techniques using tests and documentation. The test instrument used is multiple choice. The data analysis technique uses the normality test with the N-Gain test and the homogeneity test with the ANOVA test. Followed by hypothesis testing with independent t-test using the help of the SPSS Statistics 26.0 program. Based on the results of the analysis and discussion of the research data, the results of hypothesis testing were obtained using the SPSS Statistics 26.0 program with the calculation of the t-test with a significance level of 0.000, if the significant value (2-tailed) <0.05, then there is a significant difference between learning outcomes in the experimental class and control class. Based on these results, there is an influence on learning outcomes between students who are taught using the TGT learning model compared to the Talking Stick learning model in class III MI Masyariqul Anwar Bandar Lampung. Keywords: Team Game Tournament Learning Model, Learning Outcomes.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Aug 2023 07:34
Last Modified: 31 Aug 2023 07:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30035

Actions (login required)

View Item View Item