WAKAF KENDARAAN DAN PEMELIHARAANNYA DALAM TINJAUAN HUKUM ISLAM (Studi Kasus di Masjid Al-Hidayah Desa Sido Binangun Kecamatan Way Seputih Kabupaten Lampung Tengah)

AHMAD, DIDIK NURHUDA (2023) WAKAF KENDARAAN DAN PEMELIHARAANNYA DALAM TINJAUAN HUKUM ISLAM (Studi Kasus di Masjid Al-Hidayah Desa Sido Binangun Kecamatan Way Seputih Kabupaten Lampung Tengah). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1  & BAB 5.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL AHMAD DIDIK NURHUDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Wakaf bergerak adalah benda yang bisa dipindahkan dari tempat semulanya atau dari satu tempat ketempat yang lain, seperti mata uang, binatang, dan kendaraan. Wakaf kendaraan adalah sesuatu yang masih baru sehingga dalam pengelolaannya masih jauh dari kata optimal. Dalam praktik wakaf kendaraan di Masjid AL-Hidayah Desa Sido Binangun Kecamatan Way Seputih Kabupaten Lampung Tengah, akad yang dilakukan pemberi wakaf dengan pengelola wakaf hanya sekedar,lisan, sehingga ahli waris ingin meminta kembali kendaraan yang telat di wakafkan dengan alasan bahwa tidak mengetahui bahwa kendaraan telah di wakafkan dan mempermasalahkan pengelolaannya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana praktik wakaf kendaraan dan pemeliharaanya di Masjid AL-Hidayah Desa Sido Binangun Kecamatan Way Seputih Kabupaten Lampung Tengah? dan bagaimana pandangan hukum Islam tentang praktik wakaf kendaraan dan pemeliharaanya di Masjid AL-Hidayah Desa Sido Binangun Kecamatan Way Seputih Kabupaten Lampung Tengah? Tujuan dari penelitian untuk mendeskripsikan praktik wakaf kendaraan dan pemeliharaanya di Masjid AL-Hidayah Desa Sido Binangun Kecamatan Way Seputih Kabupaten Lampung Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif, dengan terjun langsung kelokasi penelitian yaitu di Masjid AL-Hidayah Desa Sido Binangun Kecamatan Way Seputih Kabupaten Lampung Tengah dan data primer dikumpulkan wawancara dan dokumentasi yang dapat dari lokasi penelitian. Pengolahan data dilakukan dengan cara editing dan sistematisasi data. Berdasarkan hasil penelitian praktik wakaf kendaraan dan pemeliharanya di Masjid AL-Hidayah Desa Sido Binangun Kecamatan Way Seputih Kabupaten Lampung Tengah menimbulkan perselisihan antara ahli waris dan pengurus wakaf yang ingin mengambil kembali kendaran dan ingin mempertanyakan pemeliharaannya, dalam hal ini keputusan pengurus wakaf masih kurang dari kata optimal karena adanya kendala pada pemberi wakaf yang belum memberikan surat-surat kendaraan, hal ini disebabkan karena perwakafan yang dilakukan secara lisan dan tidak diketahui oleh ahli waris. Serta pengelola wakaf yang tidak menjalankan tugasnya sesuai dengan Islam dan undang-undang yang ada. Praktek wakaf kendaraan sendiri belum dijalankan karena terkendala pada pengelola wakaf yang tidak mengetahui tentang wakaf kendaraan. Menurut pandangan hukum Islam wakaf kendaraan ini belum sesuai dengan prinsip-prinsip akad dan syarat wakaf yang belum terpenuhi, dalam hal ini harus dilakukan akad ulang yang lebih jelas karena tidak adanya dokumentasi dalam praktik wakaf kendaraan dan pengelola wakaf harus bertanggung jawab dalam memelihara wakaf kendaraan sesusai dengan ketentuan yang sudah ada baik secara Islam maupun secara undang-undang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Aug 2023 06:49
Last Modified: 31 Aug 2023 06:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30031

Actions (login required)

View Item View Item