PENGARUH HARGA DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PERUMAHAN BERBASIS SYARIAH DI KOTA BANDAR LAMPUNG

SITI, NUROHMAH (2023) PENGARUH HARGA DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PERUMAHAN BERBASIS SYARIAH DI KOTA BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of TESIS SITI NUROHMAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

ABSTRAK Pandemi COVID-19 sampai saat ini masih belum berakhir. Namun dampak COVID-19 membawa dampak luar biasa terutama di sektor perekonomian termasuk pada bisnis property. Namun disisi lain, tren properti berbasis syariah mulai dilirik, hal ini dikarenakan mencuatnya tren gaya hidup halal di masyarakat, semakin meningkat pula permintaan masyarakat terhadap kebutuhan properti termasuk pada perumahan syariah. Bisnis properti perumahan dengan konsep syariah tanpa bank ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat umum, terutama umat Islam dalam membeli rumah tanpa perantara lembaga perbankan. Perumahan syariah tanpa bank dianggap memiliki fleksibilitas tinggi karena memiliki berbagai fitur sebagai berikut; tidak ada BI checking, tanpa sita, tanpa denda, dan tanpa riba. Dalam membeli produk perumahan syariah terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen sebagai pertimbangan diantaranya adalah harga dan digital marketing.Penelitian ini bertujuan melihat apakah harga dan digital marketing dapat mempengaruhi keputusan pembelian perumahan syariah di Kota Bandar Lampung? Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan sifat assosiatif. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder yang di peroleh dari Assosiasi Developer Perumahan Syariah Kota Bandar Lampung dan data primer dari konsumen perumahan syariah. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli perumahan syariah di Kota Bandar Lampung periode Maret 2020 - Desember 2022. Penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan skala likert. Software aplikasi pengolahan data menggunakan SmartPLS (Partial Least Squares) Versi 3.0. Penelitian ini menemukan fakta bahwa harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian perumahan syariah di Kota Bandar Lampung dikarenakan perumahan syariah yang di pilih oleh konsumen merupakah rumah dengan harga yang masih dapat dijangkau sesuai dengan pendapatan konsumen serta harga yang diberikan perumahan syariah di kota Bandar Lampung mampu menyediakan iii perumahan syariah yang layak dan berkualitas serta bangunan rumah memiliki nilai jual yang menguntungkan bagi konsumen. Digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian perumahan syariah di Kota Bandar Lampung dikarenakan digital marketing yang direpresentasikan oleh developer perumahan syariah di Kota Bandar Lampung melalui konten pemasaran, informasi yang diberikan dan media social memberi kemudahan konsumen dalam mencari dan mendapatkan informasi produk perumahan sehingga mampu menarik konsumen yang tepat sasaran, kemudian mendorong mereka untuk menjadi konsumen, dan akhirnya dapat meningkatkan keputusan pembelian pada perumahan syariah di Kota Bandar Lampung. Kata Kunci : Harga, Digital Marketing, Keputusan Pembelian, Perumahan Syariah iv ABSTRACT The COVID-19 pandemic is still not over. However, the impact of COVID-19 has had an extraordinary impact, especially on the economic sector, including the property business. But on the other hand, sharia�based property trends are starting to be looked at, this is due to the emergence of halal lifestyle trends in society, increasing public demand for property needs, including sharia housing. The residential property business with a sharia concept without banks aims to make it easier for the general public, especially Muslims, to buy houses without intermediary banking institutions. Sharia housing without a bank is considered to have high flexibility because it has the following features; no BI checking, no confiscation, no fines, and no usury. In buying sharia housing products, there are factors that influence consumer decisions as considerations including price and digital marketing. This study aims to see whether prices and digital marketing can influence purchasing decisions for sharia housing in the city of Bandar Lampung? This study uses quantitative research with associative properties. The data sources used are secondary data obtained from the Sharia Housing Developers Association of the City of Bandar Lampung and primary data from Islamic housing consumers. The population in this study are consumers who buy sharia housing in the City of Bandar Lampung for the period March 2020 - December 2022. The sampling used a purposive sampling technique. Data collection techniques using a questionnaire with a Likert scale. Data processing application software uses SmartPLS (Partial Least Squares) Version 3.0. This study found the fact that prices have a positive and significant effect on purchasing decisions for sharia housing in the city of Bandar Lampung because the sharia housing chosen by consumers is a house with prices that are still affordable according to consumer income and the prices provided by sharia housing in the city of Bandar Lampung are able to providing proper and quality sharia housing as well as building houses that have a profitable sale value for consumers. Digital marketing has a positive and significant effect on sharia housing purchasing decisions in Bandar Lampung City because digital marketing is represented by sharia v housing developers in Bandar Lampung City through marketing content, information provided and social media makes it easy for consumers to find and obtain housing product information so they can attract consumers who are right on target, then encourage them to become consumers, and finally be able to increase purchasing decisions on sharia housing in the city of Bandar Lampung. Keywords: Price, Digital Marketing, Purchasing Decision, Sharia Housing

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ekonomi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Aug 2023 04:18
Last Modified: 31 Aug 2023 04:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30027

Actions (login required)

View Item View Item