POLA INTERAKSI PENDIDIK DENGAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS V MIS NURUL ULUM BANDAR LAMPUNG

Dwi, Anes Marzulina (2023) POLA INTERAKSI PENDIDIK DENGAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS V MIS NURUL ULUM BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of DWI ANES FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Skirpsi ini membahas dua hal dengan tujuan mengetahui bagaiman interaksi guru dan siswa dalam pembelajaran Akidah Akhlak di kelas V MIS Nurul Ulum Bandar Lampung,pengaruh interaksi guru dan siswa dalam pembelajaran Akidah Akhlak dan serta faktor pendukung dan faktor penghambat dalam interaksi guru dan siswa dalam pembelajaran Akidah Akhlak di kelas V MIS Nurul Ulum Bandar Lampung Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif , dimana kehadiran dari peneliti sangat penting. Peneliti bertindak sebagai pengumpul data dari hasil observasi mendalam sehingga telihat aktif dalam penelitian. Data yang berbebtuk kata-kata didapatkan langsung dari seorang informan dan ada data tambahan berupa dokumen.Anlisis data dilakukan dengan mengelolah data yang sudah ada,lalu melakukan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan dan tahap akhir adalah mengadakan keabsahan data dengan menggunakan kredibilitas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : ) Pola interaksi guru dengan siswa dalam pembelajaran Akidah Akhlak bertujuan untuk mengakrapkan materi pembelajaran Akidah Akhlak kepada siswa, ) Ada beberapa faktor pendukung yang dimana jika faktor pendukung tidak dapt dipenuhi maka yang akan terjadi adalak kebalikannya, yaitu terjadinya faktor penghambat dalam berinteraksi antar pendidik dan peserta didikdan keterbatasan penggunaan alat bantu media. Adapun faktor pendukung itu seniri adalah pendidik mampu menguasai bahan ajar,mengelolah program pembelajaran,mampu menguasai kelas. Kata Kunci : Pola Interaksi Dan Pembelajaram Akidah Akhlak iv ABSTRACT This thesis discusses two things with the aim of knowing how the interaction of teachers and students in learning Akidah Akhlak in class V MIS Nurul Ulum Bandar Lampung, the influence of teacher and student interaction in learning Akidah Akhlak and as well as supporting factors and inhibiting factors in the interaction of teachers and students in learning Akidah Akhlak in class V MIS Nurul Ulum Bandar Lampung This study uses qualitative research, where the presence of researchers is very important. Researchers act as data collectors from the results of in-depth observations so that they are seen as active in research. Data in the form of words was obtained directly from an informant and there was additional data in the form of documents. Data analysis was carried out by managing existing data, then carrying out data reduction, presenting data, and drawing conclusions and the final stage was to establish data validity using credibility. The results of this study indicate that: ) The pattern of teacher�student interaction in Akidah Akhlak learning aims to apply Akidah Akhlak learning material to students, ) There are several supporting factors where if the supporting factors cannot be fulfilled then what will happen is the opposite, namely the occurrence of inhibiting factors in interaction between educators and students and limitations in the use of media aids. The supporting factors are that educators are able to master teaching materials, manage learning programs, are able to master classes. Keywords: Patterns of Interaction and Learning Akidah Akhlak

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Aug 2023 03:53
Last Modified: 31 Aug 2023 03:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30025

Actions (login required)

View Item View Item