IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI PADA KELAS BERKEBUTUHAN KHUSUS (TUNANETRA) DI SLB A BINA INSANI BANDAR LAMPUNG

DEWI, AGRAYANI (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI PADA KELAS BERKEBUTUHAN KHUSUS (TUNANETRA) DI SLB A BINA INSANI BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of DEWI FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Sksipsi ini di latar belakangi anak tunanetra sebagai makhluk individu memiliki kadar kemampuan yang berbeda, perbedaan ini bukan pada materi pokoknya melainkkan pada segi cara menjelaskan materi tersebut yang sesuai dengan kemapuan anak tersebut. SLBA Bina Insani Bandar Lampung sebagai salah satu lembaga pendidikan yang mendidik anak berkebutuhan khusus tunanetra memberikan pembelajaran PAI dengan berbagai metode yang sesuai dengan kemapuan anak tunanetra, karena tanpa kemapuan pengelolaan metode pembelajaran yang efektif, segala kemampuan guru yang lain dapat menjadi netral dalam aerian kurang memberikan pengaruh atau dampak positif terhadap pembelajaran siswa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data di peroleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. semua data yang di terkumpul kemudian di analisis dengan menggunakan analisis data yang terdiri dari tahapan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dalam pelaksanaan pembelajaran PAI menggunakan: . Perencanaan pembelajaran, yaitu silabus dan RPP untuk menunjang keberhasilan proses pembelajaran. Perencanaan pembelajaran PAI pada peserta didik tunanetra di SLBA Bina Insani Bandar Lampung telah dilakukan secara sistematis dengan melibatkan unsur terkait dan memiliki kompetensi. . Pelaksanaan pembelajaran PAI metode ceramah, tanya jawab, diskusi, dan drill (latihan). . Evaluasi yang digunakan pada pembelajaran PAI menggunakan post test di akhir pembelajaran yang disesuaikan dengan materi dan kondisi peserta didik. Evaluasi tersebut selalu rutin dilakukan oleh pendidik pada akhir kegiatan pembelajaran untuk mengoreksi pemahaman peserta didik terhadap pelajaran yang telah diberikan. Kata Kunci: Impementasi Pembelajaran, Anak Berkebutuhan Khusus, Tunanetra iv ABSTRACT The background of this thesis is that blind children as individual beings have different levels of ability, this difference is not in the subject matter but in terms of how to explain the material according to the child's abilities. SLBA Bina Insani Bandar Lampung as an educational institution that educates children with special needs for the blind provides PAI learning with various methods that are in accordance with the abilities of blind children, because without the ability to manage effective learning methods, all the abilities of other teachers can become neutral in the lack of giving influence or positive impact on student learning. This research is a qualitative research. Data obtained through observation, interviews, and documentation. All data collected is then analyzed using data analysis which consists of data stages, data reduction, data presentation, and conclusions. The results of the study show that in the implementation of PAI learning using: . Learning planning, namely syllabus and lesson plans to support the success of the learning process. PAI learning planning for blind students at SLBA Bina Insani Bandar Lampung has been carried out systematically by involving related elements and having competence. . Implementation of PAI learning methods lecture, question and answer, discussion, and drill (practice). . The evaluation used in PAI learning uses a post test at the end of the lesson which is adjusted to the material and conditions of the students. This evaluation is always routinely carried out by educators at the end of learning activities to correct students' understanding of the lessons that have been given. Keywords: Learning Implementation, Children with Special Needs, Blind.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Aug 2023 03:44
Last Modified: 31 Aug 2023 03:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30024

Actions (login required)

View Item View Item