PENGEMBANGAN SOFTWARE APLIKASI GAME EDUKASI MONOPOLI SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA YP UNILA BANDAR LAMPUNG

Restiana, R (2018) PENGEMBANGAN SOFTWARE APLIKASI GAME EDUKASI MONOPOLI SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA YP UNILA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (7MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah pemanfaatan teknologi di SMA YP Unila Bandar Lampung belum maksimal dan media pembelajaran dianggap kurang praktis. Peserta didik membutuhkan media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan software aplikasi game edukasi monopoli sebagai penunjang pembelajaran biologi, untuk mengetahui kelayakan software aplikasi game edukasi monopoli sebagai penunjang pembelajaran biologi dan untuk mengetahui tanggapan guru dan respon peserta didik terhadap kemenarikan software aplikasi game edukasi monopoli sebagai penunjang pembelajaran biologi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) Sugiono dengan melalui tujuh tahapan yaitu: potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk dan revisi produk. Instrumen yang digunakan berupa: angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji lapangan menggunakan uji skala kecil dan uji skala luas. Teknikanalisis data meliputi analisisangket validasi ahli dan angket tanggapan peserta didik. Hasil penelitian ini berupa: telah dikembangkan software aplikasi game edukasi monopoli sebagai penunjang pembelajaran. Kualitas media pembelajaran software aplikasi game edukasi monopoli adalah sangat layak dengan persentase 81,25% oleh ahli materi, kriteria layak dengan persentase 78% oleh ahli bahasa, dan kriteria sangat layak dengan persentase 88,6% oleh ahli media. Sedangkan kemenarikan produk software aplikasi game edukasi monopoli mendapat tanggapan sangat layak 89,06 % oleh guru dan respon sangat layak 88,22% oleh peserta didik. Kata Kunci:Software, Aplikasi,Game Edukasi, Monopoli, Media Pembelajaran dan Pembelajaran Biologi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Brama Sari
Date Deposited: 15 Jan 2018 04:17
Last Modified: 15 Jan 2018 04:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3002

Actions (login required)

View Item View Item