MANAJEMEN PELAYANAN HAJI DAN UMRAH TERHADAP JAMAAH YANG SUDAH LANSIA DI PT MARCO TOUR DAN TRAVEL HAJI DAN UMRAH BANDAR LAMPUNG

Yoga, Setiawan (2023) MANAJEMEN PELAYANAN HAJI DAN UMRAH TERHADAP JAMAAH YANG SUDAH LANSIA DI PT MARCO TOUR DAN TRAVEL HAJI DAN UMRAH BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI YOGA SETIAWAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penyelenggaraan ibadah haji oleh Pemerintah bertujuan untuk memberikan pembinaan, pelayanan, dan perlindungan yang sebaik�baiknya bagi jamaah haji sehingga jamaah haji dapat menunaikan ibadahnya sesuai dengan ketentuan ajaran Agama Islam. Pemerintah berkewajiban memberikan pembinaan, pelayanan, dan perlindungan. Dengan menyediakan layanan administratif, transportasi, pelayanan kesehatan, keamanan, dan hal-hal lain yang diperlukan oleh jamaah haji secara keseluruhan terutama bagi jamaah lanjut usia. Melihat dengan semakin banyaknya minat masyarakat untuk dapat menunaikan ibadah haji dan melihat masa tunggu yang semakin panjang, kehawatiran pun terjadi terkait dengan calon jamaah haji yang berusia lanjut. Karena untuk menunaikan ibadah haji dibutuhkan fisik yang kuat dalam menjalankan semua rangkaian kegiatan ibadah haji maupun umrah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodologi kualitatif, yaitu penulis mengumpulkan data dengan cara bertatap muka langsung dan berinteraksi dengan orang-orang di tempat penelitian dengan tujuan agar bisa memperoleh data-data dan informasi yang mendalam tentang Manajemen Pelayanan Haji dan Umrah Terhadap Jamaah yang Sudah Lansia di PT Marco Tour dan Travel Bandar Lampung. Hasil penelitian yang dilakukan dengan ini dapat diketahui bahwa manajemen Pelayanan Haji dan Umrah Terhadap Jamaah yang Sudah Lansia di PT marco tour dan travel kedaton bandar lampung menggunakan 4 fungsi manajemen yaitu terdiri dari perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), dan pengawasan (controlling). Keempat fungsi manajemen tersebut digunakan dalam melaksanakan Pelayanan Haji dan Umrah Terhadap Jamaah yang Sudah Lansia di PT marco tour dan travel bandar lampung agar pelaksanan pembinaan haji dan umrah terkhususnya Jamaah yang Sudah Lansia dapat berjalan dengan baik dan terarah. iii ABSTRACT The implementation of the pilgrimage by the Government aims to provide the best possible guidance, service and protection for pilgrims so that pilgrims can perform their worship in accordance with the provisions of Islamic teachings. The government is obliged to provide guidance, service and protection. By providing administrative services, transportation, health services, security, and other things needed by pilgrims as a whole, especially for elderly pilgrims. Seeing the increasing public interest in being able to perform the pilgrimage and seeing the waiting period getting longer, there is concern about the elderly prospective pilgrims. Because to perform the pilgrimage requires a strong physique in carrying out all the activities of the pilgrimage and umrah. The method used in this study is a qualitative methodology, in which the author collects data face to face and interacts with people at the research site with the aim of being able to obtain in-depth data and information about the management of Hajj and Umrah services for pilgrims who have already Elderly at PT Marco Tour and Travel Bandar Lampung. The results of the research carried out in this way show that the management of Hajj and Umrah services for elderly pilgrims at PT marco tour and travel kedaton bandar lampung uses 4 management functions, namely planning, organizing, actuating, and supervision (controlling). The four management functions are used in carrying out Hajj and Umrah Services for Elderly Pilgrims at PT marco tour and bandar lampung travel so that the implementation of Hajj and Umrah guidance especially for Elderly Pilgrims can run well and is directed.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Aug 2023 07:40
Last Modified: 30 Aug 2023 07:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30014

Actions (login required)

View Item View Item