PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KETATAUSAHAAN TERHADAP KEPUASAN SISWA DI SDI PLUS BAITUL MAAL TANGERANG SELATAN

Aisya, Syakila Amaniza (2023) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KETATAUSAHAAN TERHADAP KEPUASAN SISWA DI SDI PLUS BAITUL MAAL TANGERANG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI AISYA SYAKILA AMANIZA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kualitas pelayanan ketatusahaan adalah suatu kegiatan yang dilakukan seseorang ataupun kelompok dengan dilandasi sistem yang sesuai prosedur dengan tujuan untuk memenuhi kepentingan orang lain. Sedangkan yang dimaksud dengan kepuasan siswa adalah peran layanan yang diterima dengan harapan serta kepuasan berbanding lurus dengan harapan dan layanan. Dengan rumusan masalah yaitu apakah terdapat pengaruh kualitas pelayanan ketatausahaan terhadap kepuasan siswa di SDI Plus Baitul Maal Tangerang Selatan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan ketatausahaan terhadap kepuasan siswa di SDI Plus Baitul Maal Tangerang Selatan. Indikator kualitas pelayanan ketatausahaan yaitu Daya Tanggap (Responsivenes), Kehandalan (Realibility), Jaminan (Assurance), Empati (Empathy), dan Bukti langsung (Tangibles) dan Indikator Kepuasan Siswa yaitu Kesesuaian harga, Minat berkunjung kembali dan kesediaan merekomendasi. Penelitian ini merupakan penelitian penelitian Kuantitatif. Metode yang digunakan adalah dengan menggunakan metode kuesioner (angket). Metode kuesioner (angket) ini digunakan untuk mengumpul data variabel Pengaruh Kualitas Pelayanan Ketatausahaan Terhadap Kepuasan Siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa SDI Plus Baitul Maal kelas V dan VI sebanyak 190 siswa. sampel dalam penelitian ini adalah 66 siswa. Menggunakan teknik metode Probability Sampling, Proportionate Stratified Random Sampling. Uji validitas menggunakan teknik korelasi product moment dari person. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan teknik Alpha Cronbach dengan bantuan SPSS 24. Selanjutnya untuk mengetahui hasil data yang dikumpulkan dilakukan perhitungan dengan menggunakan teknik regresi liner sederhana. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diperoleh kesimpulan bahwa melalui Uji T yang diajukan diterima sehingga menyatakan Ha. Terdapat pengaruh kualitas pelayanan ketatausahaan (X) terhadap kepuasan siswa (Y) yaitu nilai signifikansi 0,002 < 0,05 dan nilai Thitung 3,209 > Ttabel 1,998. Selain itu Requere sebesar 0,326 pada taraf signifikansi 15%. Hal ini berarti kontribusi variabel kualitas pelayanan ketatausahaan terhadap variabel kepuasan siswa (Y) yaitu kepuasan siswa sebesar 32,6% dan sisanya 67,4% disebabkan oleh faktor lain yang bukan menjadi fokus pembahasan dalam penelitian ini. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan Ketatusahaan, Kepuasan Siswa,Sekolah Islam iii ABSTRACT The quality of administrative servies is an activity carried out by a person group based on a system according to procedures with the are of fulfilling the interests of others. While what is meant by student satisfaction is the role of service received with expectations and satisfaction is directly proportional to expectations and service. With the formulation of the problem there is an influence of the quality administrative services on student satisfaction in SDI Plus Baitul Maal Sounth Tangerang. The purpose of this study was to determine the effect of the quality administrative services on student sastisfaction at SDI Plus Baitul Maal Sounth Tangerang. The indicators of the quality administrative services are Responsiveness, Realibility, Assurance, Empathy, and Tangibles and student satisfaction indicators, namely price conformity, interest in visiting again and willingness to recommend. This research was quantitative research. The method used was by using a quesionnaire method. This questionnaire method was used to collect variable data on the use of influence of administrative quality on student satisfaction . The population in this study were 190 students of SDI Plus Baitul Maal grades V and VI. The sampel in this study 66 Student, using probability sampling, proportionate stratified random sampling methode. The validity test uses the product moment correlation technique of the person. While the realibility test used the Alpha Cronbach technique with the help of SPSS 24. Furthermore, to determine the results of the data collected, calculations were carried out using a simple linear regression technique. Based on the result of this study. If can be concluded that through the proposed T test it is accepted so that it states Ha. There is an influence of the quality of administrative services (X) on student satisfaction (Y), name a signifcance valaue of 0,002 < 0,05 an a Tcount > Ttable 1.998. In addition, Requere is 0,326 at significance level of 15%. This means that the contribution of the administrative service quality variable to the student satisfaction variabel (Y) is student satisfaction of 32,6% and the remaining 67,4% is caused by other factors which are not the focus of discussion in this study. Keyword : Administrative Quality, Student Satisfaction, Islamic Elemntary School

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Aug 2023 07:27
Last Modified: 30 Aug 2023 07:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30010

Actions (login required)

View Item View Item