ANALISIS HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF TERHADAP PEMOTONGAN UPAH KERJA DAMPAK DARI VIRUS COVID-19 (Studi pada CV. Sumber Jaya Variasi Raden Intan Bandar Lampung)

Muhammad, Rafi Akbar (2023) ANALISIS HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF TERHADAP PEMOTONGAN UPAH KERJA DAMPAK DARI VIRUS COVID-19 (Studi pada CV. Sumber Jaya Variasi Raden Intan Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI MUHAMMAD RAFI AKBAR.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Perekonomian Indonesia kian memburuk saat terjadi kasus covid-19 dari tahun 2019 hingga saat ini dan bahkan terjadi hampir seluruh negara. Tentu masalah ini langsung banyak perusahaan sampai menyentuh pekerja atau karyawan yang mengalami kerugian besar seperti pemotongan gaji atau bahkan pemutusan hubungan kerja (PHK) secara sepihak oleh perusahaan dan masalah lainnya yang terjadi pada pekerja atau karyawan tersebut. Salah satu aspek dalam muamalah yang cukup penting adalah upah mengupah, yaitu memberikan imbalan sebagai bayaran kepada seorang yang telah melakukan pekerjaan, tertentu dan bayaran itu diberikan menurut perjanjan yang telah disepakati. Penulis tertarik terhadap permasalahan tersebut mengenai Pemotongan Upah kerja karyawan dampak dari covid-19 pada CV. Sumber Jaya Variasi Raden Intan Bandar Lampung. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Mekanisme Pemotongan Upah Kerja Dampak Dari Virus covid-19 dan Tinjauan Hukum Islam Dan Hukum Positif Terhadap Pemotongan Upah Kerja Dampak Dari Virus covid-19 yang dilakukan oleh CV. Sumber Jaya Variasi Raden Intan Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Mekanisme pemotongan upah kerja karyawan serta untuk mengetahui Tinjauan Hukum Islam dan Hukum Positif terhadap Mekanisme Pemotongan upah yang dilakukan oleh CV. Sumber Jaya Variasi Raden Intan Bandar Lampung. Penelitian ini dilakukan dengan mengggunakan penelitian lapangan (field research) yang dilakukan pada CV. Sumber Jaya Variasi Raden Intan Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Adapun populasi dalam penelitian ini berjumlah 5 informan yang terdiri dari Pemilik, HRD dan 3 orang karyawan dan pengambilan sampelnya menggunakan teknik purposive sampling. Teknik Analisa data yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik penulisan pada penelitian ini adalah deduktif dan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tinjauan Hukum Islam dan Hukum Positif terhadap pemotongan upah karyawan CV. Sumber Jaya Variasi Bandar Lampung tidak bertentangan dengan Hukum Islam serta pemerintah mengeluarkan kebijakan melalui Kementerian Ketenagakerjaan No.M/3/HK.O4/III/2O2O dalam Islam kebijakan pemerintah tersebut boleh dilakukan apalagi dalam keadaan darurat,seperti terdapat dalam Al-Quran Surat An-Nisa ayat 59. Kemudian dalam hal pemotongan upah di tengah bencana covid-19 sebenarnya tidak terdapat dalil baik yang berasal dari Al-Quran ataupun hadits yang memperbolehkan ataupun melarangnya. Kata Kunci : Hukum Islam, Ijarah, Pemotongan Upah Kerja

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Aug 2023 07:08
Last Modified: 30 Aug 2023 07:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30006

Actions (login required)

View Item View Item