IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES PADA PESERTA DIDIK KELAS XII AKUNTANSI 1 DI SMK NEGERI 1 NATAR

JUMIYATI, Ibrahim (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES PADA PESERTA DIDIK KELAS XII AKUNTANSI 1 DI SMK NEGERI 1 NATAR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,2 & dapus.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi Full Jumiyati Fix.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Implementasi dapat diartikan sebagai penerapan atau pelaksanaan yang bermuara pada aktifitas, kegiatan, aksi, tindakan atau adanya mekanisme suatu system. Setiap peserta didik memiliki kecerdasannya masing-masing. Multiple Intelligences merupakan upaya memberikan pengalaman belajar yang dirancang selaras dengan kebutuhan, gaya kognisi siswa, khususnya sesuai dengan kekuatan jenis inteligensi setiap peserta didik. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis multiple intelligences Pada Peserta Didik kelas XII Akuntansi 1 di SMK Negeri 1 Natar? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis multiple intelligences Pada Peserta Didik kelas XII Akuntansi 1 di SMK Negeri 1 Natar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan dan trigulasi. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan di SMK Negeri 1 Natar Lampung Selatan, bahwa penerapan pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multiple Intelligences yang diamati peneliti di kelas ditemukan data kecendrungan kecerdasan multiple intelligences yang dimiliki pesarta didik kelas XII Akuntansi 1 berdasarkan karakteristik masing-masing dan pada antusiasme peserta didik yang hampir sama dan berulang. Data akhir yang dimiliki peneliti iv menunjukkan bahwa dari 27 Peserta didik di kelas, 5 peserta didik diantaranya cerdas verbal-linguistik, 9 peserta didik cerdas logis�matematik, 3 peserta didik cerdas jasmaniah-kinestetik, 6 peserta didik cerdas visual-spasial dan 4 peserta didik cerdas naturalis. Tentu masing-masing peserta didik tidak hanya memiliki kecerdasan tunggal, namun perlu juga memutuskan kecerdasan yang paling menonjol pada diri peserta didik. Kata Kunci : Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Multiple Intelligences. v ABSTRACT Implementation means the application or execution of the boils down to activities, actions, actions, or the existence of a system mechanism. Every learner has their own intelligence. Multiple Intelligences are an effort to provide learning experiences that are designed in harmony with the needs, cognitive styles of students, especially according to the strengths of each type of intelligence of each learner. The formulation of the problem in this study is How is the implementation of multiple intelligences-based Islamic Religious Education learning in class XII Accounting 1 students at SMK Negeri 1 Natar? This research aims to find out how the implementation of multiple intelligences-based Islamic Religious Education learning for students of class XII Accounting 1 at SMK Negeri 1 Natar. The type of research used in this research is descriptive qualitative. The data collection techniques used are observation, interview and documentation. Data analysis techniques used are data reduction, data presentation and conclusion drawing. The data validity test used was carried out by extending participation and trigulation. Based on the results of research conducted by researchers at SMK Negeri 1 Natar South Lampung, that the application of Multiple Intelligences-Based Islamic Religious Education learning observed by researchers in the classroom found data on the tendency of multiple intelligences owned by students in class XII Accounting 1 based on their respective characteristics and on the enthusiasm of students who are almost the same and repeated. The final data owned by the researcher shows that of the 27 learners in the class, 5 learners are verbal�linguistic intelligent, 9 learners are logical-mathematical intelligent, 3 learners are physical-kinesthetic intelligent, 6 learners are visual�spatial intelligent and 4 learners are naturalist intelligent. Of course, each learner not only has a single intelligence, but also needs to decide which intelligence is most prominent in the learner. Keywords: Learning, Islamic Religious Education, Multiple Intelligences.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Aug 2023 07:02
Last Modified: 30 Aug 2023 07:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30005

Actions (login required)

View Item View Item