STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM PEMBERDAYAAN GURU UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH TSANWIYAH NEGERI 2 KOTABUMI

Sri, AtidahYusup (2023) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM PEMBERDAYAAN GURU UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH TSANWIYAH NEGERI 2 KOTABUMI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI SRI ATIDAH YUSUF.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Mutu pendidikan merupakan syarat penting dalam menyiapkan sumber daya manusia yang unggul. Namun pada kenyataannya penyelenggaraan pendidikan di MTs Negeri 2 kotabumi belum mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas, Kondisi tersebut antara lain disebabkan oleh pemberdayaan guru. Penelitian ini dilakukan tujuan nya adalah untuk menganalisis strategi pemberdayaan guru dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, dalam perolehan data di sekolah peneliti menggunakan metode yaitu observasi,wawancara dan dokumentasi, dalam penelitian ini ada beberapa pihak yang terlibat dalam perolehan data wawancara, yaitu kepala sekolah, guru, dan siswa. Lalu penelitian ini menggunakan trianggulasi teknik,yang dilakukan dengan cara pengumpulan data yang berbeda beda untuk mendapatkan data dari sumber data yang sama Hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa penelitian ini berlangsung dalam rangka melihat apa saja strategi pemberdayaan guru dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Negeri 2 Kotabumi, karena setiap sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah salah satunya guru harus di berdayakan dalam hal proses belajar mengajar agar efektif dalam terkait pembelajaran dalam kelas, tidak hanya itu kepala sekolah juga ikut serta dalam proses pemberdayaan terkait pelaksanaan maupun pengiriman. Kata kunci: Pemberdayaan Guru, Mutu Pendidikan. iii ABSTRACT The quality of education is an important requirement in preparing superior human resources. But in reality, the implementation of education at MTs Negeri 2 Kotabumi has not been able to produce quality graduates, this condition is partly due to teacher empowerment. The purpose of this research is to analyze teacher empowerment strategies in improving the quality of education. This type of research is qualitative research with descriptive methods, in obtaining data at school researchers use methods, namely observation, interviews and documentation, in this study there are several parties involved in obtaining interview data, namely principals, teachers, and students. Then this research uses triangulation techniques, which are carried out by collecting different data to get data from the same data source he results of this study can be concluded that this research took place in order to see what teacher empowerment strategies are in improving the quality of education at MTs Negeri 2 Kotabumi, because every school to improve the quality of education is one of them teachers must be empowered in terms of the teaching and learning process to be effective in relation to learning in the classroom, not only that the principal also participates in the empowerment process related to implementation and delivery. Keywords: Teacher Empowerment, Education Quality.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Aug 2023 06:24
Last Modified: 30 Aug 2023 06:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30002

Actions (login required)

View Item View Item