FITRAH MANUSIA DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN DAN IMPLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN

TAHWILA, Upin Mulis (2023) FITRAH MANUSIA DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN DAN IMPLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1,2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI TAHWILA full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian mengenai fitrah manusia dalam perspektif Al-Qur‟an ini memiliki daya tarik tersendiri dan masih sedikit atau belum banyak diteliti oleh orang lain. Penelitian ini juga menimbulkan beberapa persoalan sehingga peneliti tertarik untuk membedah persoalan tersebut. Diantara persoalan tersebut yaitu: 1) Manusia merupakan subjek dan objek yang utama dalam proses pendidikan. 2) Abdurrahman An-Nahlawi menyatakan bahwa pandangan manusia tentang dirinya akan memberikan dampak yang sangat kuat terhadap sistem pendidikan. 3) Fitrah pada manusia yang disebut potensi, secara edukatif akan berkembang baik manakala terjadi persentuhan dengan dunia luar diri dalam bentuk interaksi positif. 4) Banyaknya problematika yang muncul pada dunia pendidikan. Penelitian ini termasuk penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif dengan pendekatan library research yaitu pengumpulan data menggunakan berbagai sumber seperti buku-buku, internet, jurnal dan lain sebagainya. Data primer didapatkan dari tiga tafsir yang peneliti gunakan untuk mengkaji ayat yang berkaitan dengan fitrah manusia, yaitu Tafsir al-Qur‟an al-Adzim (Tafsir Ibnu Katsir), Tafsir Al-Misbah, dan Tafsir Jami‟ Al-Bayan fi Tafsir Al-Qur‟an (Tafsir Ath-Thabari), yang telah diterjemahkan oleh penerbit. Dan juga buku-buku yang membahas tentang manusia dan pendidikan serta data sekunder yang akan melengkapi data primer, dimana sumber data menggunakan buku, jurnal penelitian, artikel, internet dan lain-lain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya 1) fitrah manusia dapatlah dipahami bahwa segala potensi yang diberikan oleh Allah kepada manusia dalam upaya tercapainya kebahagiaan dunia dan akhirat dimana potensi tersebut dapat berupa potensi yang berada pada diri manusia maupun potensi yang berada di luar diri manusia. 2) Fitrah manusia dalam perspektif Al-Qur‟an (QS. Al-Nahl [16]: 78, QS. Ar�Rum [30]: 30, QS. At-Tin [95]: 4 dan QS. Asy-Syams [90]: 7-8) yang dikaji melalui 3 tafsir (Tafsir Ibnu Katsir, Tafsir Al-Misbah, dan Tafsir Ath-Thabari), terdapat enam fitrah berupa potensi dasar manusia yaitu fitrah beragama, fitrah hanif, fitrah jasmaniyah (jasad) dan fitrah ruhiyah (ruh), fitrah nafs, fitrah kemampuan dan kebebasan berkehendak dan yang terakhir adalah fitrah aqliyah (akal). 3) implikasi dari Kajian terhadap fitrah manusia berupa potensi manusia dalam Al-Qur‟an berarti mendorong manusia pendidik untuk menuntut ilmu dan memahami bahwa ilmu mencakupi dari berbagai hal berasal dari Allah Swt. para pelaku pendidikan untuk mengembangkan segala potensi yang dimiliki manusia agar mampu berkembang secara optimal melalui sebuah proses pembelajaran yang efektif. Kata Kunci: Fitrah Manusia, Al-Qur’an, Pendidikan iii ABSTRACT Research on human nature from the perspective of the Qur'an has its own charm and is still little or not much researched by others. This research also raises several problems so that researchers are interested in dissecting these problems. Among these issues are: 1) Humans are the main subject and object in the educational process. 2) Abdurrahman An-Nahlawi stated that the human view of him will have a very strong impact on the education system. 3) Nature in humans which is called potential, educatively will develop well when there is contact with the outside world in the form of positive interactions. 4) The number of problems that arise in the world of education. This research is a qualitative descriptive research with a library research approach namely data collection using various sources such as books, internet, journals and others etc. Primary data was obtained from three interpretations that the researcher used to study the verses relating to human nature, namely Tafsir al-Qur'an al-Adzim (Tafsir Ibn Katsir), Tafsir Al-Misbah, and Tafsir Jami' Al-Bayan fi Tafsir Al-Qur'an (Tafsir Ath-Thabari), which has been translated by publisher. And also books that discuss human and education as well as secondary data will complement the primary data, where data sources use books, research journals, articles, the internet and others. The results of this study indicate that 1) human nature can be understood that all the potential given by God to humans in an effort to achieve happiness in the world and the hereafter where this potential can be in the form of potential that is within humans or potentials that are outside of humans. 2) Human nature in the perspective of the Qur'an (QS. Al-Nahl [16]: 78, QS. Ar-Rum [30]: 30, QS. At-Tin [95]: 4 and QS. Asy-Syams [90]: 7-8) studied through 3 interpretations (Tafsir Ibnu Katsir, Tafsir Al-Misbah, and Tafsir Ath-Tabari), there are six natures in the form of basic human potential, namely religious nature, hanif nature, physical nature (body) and ruhiyah nature (spirit), nafs nature, ability nature and free will and the last is aqliyah nature (mind). 3) the implications of the study of human nature in the form of human potential in the Qur'an means encouraging human educators to study and understand that knowledge includes various things from Allah SWT. Educational actors to develop all the potential possessed by humans so that they are able to develop optimally through an effective learning process. Keywords: Human Nature, Al-Qur’an, Education

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Aug 2023 04:28
Last Modified: 30 Aug 2023 04:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30000

Actions (login required)

View Item View Item