PENGARUH PERFORMANCE ASSESSMENT BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 15 BANDAR LAMPUNG

Koto, Tutut Bunga Sariyati (2018) PENGARUH PERFORMANCE ASSESSMENT BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 15 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh performance assessment berbasis scientific approach terhadap keterampilan generik sains peserta didik kelas X SMAN 15 Bandar Lampung. Alternatif penilaian kinerja peserta didik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi eksperimen design (eksperimen semu). Sampel penelitian terdiri dari kelas X MIA 4 kelas eksperimen dan MIA 3 kelas kontrol masing-masing jumlah 25 peserta didik. Instrumen penelitian terdiri dari tes, dan lembar observasi keterampilan generik sains. Indikator keterampilan generik sains yang peneliti gunakan lima yaitu pengamatan langsung, pengamatan tidak langsung, bahasa simbolik, hubungan sebab akibat dan membangun konsep. Hipotesis pada penelitian untuk mengetahui performance assessment berbasis scientific approach dapat mempengaruhi keterampilan generik sains peserta didik kelas X SMAN 15 Bandar Lampung. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata posstest kelas ekperimen 83, dan kelas kontrol 78,6. Lembar observasi keterampilan generik sains rata-rata kelas eksperimen 86 dan kelas kontrol 63. Hasil melalui uji-t diperoleh thitung = 15,07 sedangkan ttabel = 1,6772 dengan db 48. Oleh karena itu, diketahui bahwa thitung > ttabel yaitu 15,07 > 1,6772 yang berarti H1 diterima dan H0 ditolak. Kesimpulannya penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh performance assessment berbasis scientific approach terhadap keterampilan generik sains peserta didik kelas X SMAN 15 Bandar Lampung. Kata Kunci : Performance assessment berbasis scientific approach, Keterampilan generik sains.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Brama Sari
Date Deposited: 15 Jan 2018 04:12
Last Modified: 15 Jan 2018 04:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3000

Actions (login required)

View Item View Item