Implementasi Srategi Role Playing Dalam Meningkatkan Kemahiran Berbicara Bahasa Arab Peserta Didik Kelas VIII.2 SMP IT Baitun Nur Punggur Lampung Tengah Tahun 2016/2017

Mudhiyah, Lulu Atul (2017) Implementasi Srategi Role Playing Dalam Meningkatkan Kemahiran Berbicara Bahasa Arab Peserta Didik Kelas VIII.2 SMP IT Baitun Nur Punggur Lampung Tengah Tahun 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI__lulu_lengkap.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam proses pembelajaran guru bahasa Arab dikelas VIII.2 SMP IT Baitun Nur Punggur Lampung Tengah hanya menggunakan metode Tanya jawab belum mengguakan strategi yang bervariasi, sehingga kemahiran berbicara bahasa Arab peserta didik rendah yaitu dari 30 peserta didik yang tuntas hanya 9 peserta didik (30%) dan yang tidak tuntas 21 peserta didik (70,00%). Dengan demikian diperlukan strategi yang sesuai dalam pembelajaran kemahiran berbicara, salah satunya adalah strategi Role Playing. Adapun rumusan masalah penelitian ini yaitu “Apakah Implementasi Srategi Role playing Dapat Meningkatkan Kemahiran Berbicara Bahasa Arab Peserta didik kelas VIII.2 SMP IT Baitun Nur Punggur Lampung Tengah tahun 2016/2017?” Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus, dengan 3 pertemuan setiap siklusnya, yang terdiri dari 4 tahapan dalamsetiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII.2 SMP IT Baitun Nur punggur Lampung Tengah yang berjumlah 30 orang. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan strategi role Playing dalam meningkatkan kemahiran berbicara. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa data sebelum guru menerapkan strategi Role Playing dari 30 peserta didik yang tuntas hanya 9 orang (30%) dan yang tidak tuntas 21 peserta didik (70%). Dan pada siklus I setelah guru menerapkan strategi Role Playing nilai kemahiran berbicara peserta didik dari 30 peserta didik tang tuntas terdapat 16 peserta didik (53,33%) dan yang tidak tuntas terdapat 14 peserta didik (46,67%), berarti terjadi peningkatan pada siklus I yaitu sebanyak 7 orang (23,33%), sedangkan pada siklus II dari 30 peserta didik yang tuntas sebanyak 24 peserta didik (80,00%) dan yang tidak tuntas sebanyak 6 peserta didik (20,00%), berarti pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 8 orang (26,67%). Artinya setelah menerapkan strategi Role Playing terjadi peningkatkan sebesar 50%. Dengan demikian dapat didimpulkan bahwa melalui penerapan strategi Role playing dapat meningkatkan kemahiran berbicara bahasa Arab pada peserta didik kelas VIII.2 SMP IT Baitun Nur Punggur Lampung Tengah tahun pelajaran 2016/2017. Kata Kunci : Strategi Role Playing, Kemahiran Berbicara

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 07 Mar 2017 07:48
Last Modified: 07 Mar 2017 07:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/300

Actions (login required)

View Item View Item