PELAKSANAAN FUNGSI LEMBAGA HIMPUNAN PEMEKONAN (LHP) PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi di Pekon Buay Nyerupa Kecamatan Sukau Kabupaten Lampung Barat)

Aldo, Fernandes (2023) PELAKSANAAN FUNGSI LEMBAGA HIMPUNAN PEMEKONAN (LHP) PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi di Pekon Buay Nyerupa Kecamatan Sukau Kabupaten Lampung Barat). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK ALDO.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Lembaga Himpunan Pemekonan (LHP) merupakan sebutan yang telah disesuaikan dengan bahasa dan kearifan lokal daerah setempat yang berarti Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang diatur dalam Peraturan Daerah Kabupaten Lampung Barat Nomor 12 Tahun 2021 Tentang Pemerintahan Pekon. Lembaga Himpunan Pemekonan mempunyai fungsi yaitu membahas dan menyepakati rancangan peraturan Pekon bersama Peratin, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat, serta mengawasi kinerja Peratin. Peran LHP dalam penyelenggaraan pemerintahan Pekon sangatlah penting dalam terlaksananya pemerintahan Pekon yang baik, karena merupakan mitra sejajar peratin. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah Bagaimana Pelaksanaan Fungsi Lembaga Himpunan Pemekonan (LHP) dalam Penyelenggaraan Pemerintahan di Pekon Buay Nyerupa Kecamatan Sukau Kabupaten Lampung Barat, dan Bagaimana Pelaksanaan Fungsi Lembaga Himpun Pemekonan (LHP) dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Pekon Perspektif Fiqh Siyasah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pelaksanaan Fungsi Lembaga Himpunan Pemekonan (LHP) dalam Penyelenggaraan Pemerintahan di Pekon Buay Nyerupa Kecamatan Sukau Kabupaten Lampung Barat dan untuk Mengetahui Pelaksanaan Fungsi Lembaga Himpunan Pemekonan (LHP) di Pekon Buay Nyerupa Perspektif Fiqh Siyasah. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (Field Research), dan sifat penelitian ini yaitu deskriptif analitis. Sumber data yang digunakan adalah jenis data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik pengolahan data yaitu editing dan sistematika data, kemudian data dianalisis dengan metode kualitatif dengan kerangka berfikir secara deduktif dan induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan fungsi LHP di Pekon Buay Nyerupa Kecamatan Sukau Kabupaten Lampung Barat belum berjalan sebagaimana mestinya, hal itu disebabkan karena kurangnya sarana dalam mendukung LHP menjalankan fungsinya, anggota LHP yang asal pilih tidak didasarkan dengan kualitas calon anggota menyebabkan kurangnya pengetahuan LHP tentang fungsi dan haknya, serta kurangnya partisipasi masyarakat karena ketidaktahuan masyarakat tentang fungsi LHP. Sementara itu dalam tinjauan fiqh siyasah tandfidziyah terhadap Pelaksanaan Fungsi iii Lembaga Himpunan Pemekonan (LHP) secara umum belum sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam siyasah tandfidziyah. Hal ini dibuktikan dengan LHP di Pekon Buay Nyerupa belum sepenuhnya mengikuti konsep amanah seperti yang terdapat dalam tugas maupun fungsinya Ahl al-Hall Wa al-Aqd. Dan konsep dalam Ahl al-Hall Wa al-Aqd itu sendiri adalah kumpulan orang-orang yang telah teruji kemampuanya, sehingga dari profesionalisme ini, LHP diharapakan benar-benar dapat melaksanakan fungsi nya dengan baik. Kata kunci: Pelaksanaan Fungsi LHP, Penyelenggaraan Pemerintahan Pekon

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Aug 2023 03:20
Last Modified: 30 Aug 2023 03:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29998

Actions (login required)

View Item View Item