IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SMK NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG

YANG, ANI ADELIA (2023) IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SMK NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL YANG ANI ADELIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Seiring dengan kemajuan pendidikan yang berkembang saat ini kepala sekolah dituntut mampu menjalankan kepemimpinannya sebagai motor penggerak membawa perubahan yang baik bagi peningkatan mutu pembelajaran di sekolah. Disamping itu diperlukan gaya kepemimpinan yang sesuai dengan sekolah, gaya kepemimpinan inilah yang selanjutnya akan diimplementasikan oleh seluruh lingkungan sekolah. Gaya kepemimpinan transformasional dapat menunjang terwujudnya perubahan sistem sekolah. Transformasional kepala sekolah adalah pimpinan yang mampu membangun perubahan dalam tubuh organisasi sekolah sesuai dengan nilai-nilai yang ditetapkan dengan memberdayakan seluruh komunitas sekolah melalui komunikasi yang terarah, agar para pengikut dapat bekerja lebih energik dan terfokus, sehingga pengajaran dan pembelajaran menjadi bersifat transformatif bagi setiap orang. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMK Negeri 7 Bandar Lampung. Pada penelitian ini penulis menggunakan pendekatan deskriftif kualitatif, data diperoleh dengan menggunakan tiga metode yaitu, wawancara sebagai metode pokok, observasi dan dokumen digunakan sebagai metode penunjang. Informan dalam penelitian ini diperoleh langsung dari kepala sekolah, waka kurikulum, guru dan siswa. Kemudian dalam melakukan analisis datanya, penulis menggunakan tiga langkah analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Disamping itu, penulis menggunakan teknik pengecekan keabsahan data dengan triangulasi sumber untuk menguji kredibilitas data. Hasil penelitian yang telah dilakukan penulis tentang implementasi kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMK Negeri 7 Bandar Lampung ditemukan bahwa sudah transformasional ditunjukkan dengan memiliki ciri dominan dan komponen prilakunya, prinsip-prinsip kepemimpinan transformasional yang menjadi indikator pada penelitian ini serta diperkuat dengan akreditasi sekolah yang sudah A. Kata kunci: Kepala Sekolah, Kepemimpinan Transformasional, Mutu Pembelajaran. iv ABSTRACT Along with the progress of education that is currently developing, school principals are required able to carry out their leadership as a driving force to bring about change good for improving the quality of learning in schools. Besides that it takes style leadership by the school, this leadership style will then be implemented by the entire school environment. StyleTransformational leadership can support the realization of changes in the school system. Transformational school principals are leaders who can build changes in the body of the school organization by established values by empowering the entire school community through directed communication so that followers can work more energetically and focused so that teaching and learning become transformative for everyone. Therefore this study aims to find out how the implementation of transformational leadership by school principals improves the quality of learning at SMK Negeri 7 Bandar Lampung. In this study the authors used a qualitative descriptive approach, data were obtained using three methods namely, interviews as the main method, observation, and documents used as supporting methods. Informants in this study were obtained directly from school principals, vice curricula, teachers, and students. Then in analyzing the data, the authors used three steps of data analysis, namely data reduction, data presentation, drawing conclusions, and verification. In addition, the authors use data validity checking techniques with source triangulation to test the credibility of the data. The results of research that has been conducted by the author on the implementation of transformational leadership by school principals in improving the quality of learning at SMK Negeri 7 Bandar Lampung found that transformational has been demonstrated by having dominant characteristics and behavioral components, the principles of transformational leadership which are indicators in this study and strengthened by accreditation A school. Keywords: Principal, Transformational Leadership, Quality of Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Aug 2023 08:06
Last Modified: 29 Aug 2023 08:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29993

Actions (login required)

View Item View Item