PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA PADA MATERI TEMA 5 PAHLAWANKU MATA PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV

NITA AYU, LESTARI (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA PADA MATERI TEMA 5 PAHLAWANKU MATA PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,2 dapus.pdf] PDF
Download (10MB)
[thumbnail of skripsi full nita.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan merupakan salah satu proses untuk mempengaruhi peserta didik agar peserta didik mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Dengan diterapkannya kurikulum 2013, pada jenjang Sekolah Dasar menggunakan sistem pembelajaran berbasis tematik. Pada proses penerapan pembelajaran tematik terdapat berbagai kendala, salah satunya adalah masih minimnya penggunaan media pembelajaran yang digunakan dalam menunjang proses pembelajaran di sekolah. Penggunaan media pembelajaran yang kreatif dan menaik sangat penting digunakan dalam proses belajar mengajar di kelas guna menngkatkan minat belajar peserta didik. Akan tetapi, media pembelajaran yang digunakan selama ini adalah media sederhana yang berupa buku paket dan media poster/gambar yang ditempel di dinding kelas serta penyampaiannya masih terlalu konvensional sehingga kurang menarik. Berdasarkan hal tersebut, peneliti ingin mengetahui bagaimana kelayakan media pembelajaran ular tangga dan respon peserta didik terhadap media permainan ular tangga materi tema 5 pahlawanku mata pelajaran IPS? Penelitian ini bertujuan untuk menghassilkan media pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar peserta didik pada pembelajaran IPS serta mengetahui bagaimana kelayakan media pembelajaran pada pembelajaran tema 5 mata pelajaran IPS. Adapun manfaat dari penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat dalam memberikan alternatif pada pembelajaran, dan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan pemahaman belajar peserta didik melalui penggunaan media pembelajaran ular tangga. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE dengan 5 tahap yaitu tahap analysis (analisis), tahap design(desain), tahap development(pengembangan), tahap implementation(implementasi), dan tahap evaluation(evaluasi). iii Validasi ahli media dengan 2 validator, ahli matero dengan 2 validator, dan ahli bahasa dengan 2 validator, serta 2 respon kelayakan dari pendidik. Berdasarkan tahapan-tahapan tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berupa media permainan ular tangga pada materi tema 5 pahlawanku mata pelajaran IPS untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IV memperoleh jumlah skor validasi ahli media 1 dan 2 dengan persentase skor 78% dan 87% dengan kategori “Sangat layak”, kemudian ahli materi 1 dan 2 dengan persentase skor 83% dan 86% dengan kategori “Sangat layak”, dan ahli bahasa 1 dan 2 dengan persentase skor 87% dan 84% dengan kategori “Sangat layak”. Penilaian yang dilakukan oleh pendidik 1 dan pendidik 2 memperoleh hasil persentase skor 82% dan 86% yang termasuk dalam kategori “Sangat layak”. Respon peserta didik skala kecil memperoleh persentase skoe 86%, dan respon peserta didik skala besar memperoleh skor 88% yang termasuk ke dalam kategori “Sangat layak”. Hal ini menunjukkan mediapermainan ular tangga pada materi tema 5 pahlawanku mata pelajaran IPS untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IV Layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Kata Kunci : Media Permainan Ular Tangga, Pengembangan ADDIE, IPS Tema 5, Minat Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Aug 2023 07:28
Last Modified: 29 Aug 2023 07:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29986

Actions (login required)

View Item View Item