STRATEGI FUNDRAISING BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) DALAM MENINGKATKAN MUZZAKI DI KOTA BANDAR LAMPUNG

Widya, Oktavia Putri (2023) STRATEGI FUNDRAISING BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) DALAM MENINGKATKAN MUZZAKI DI KOTA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK WIDYA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Strategi fundraising merupakan upaya lembaga pengelola zakat untuk mempengaruhi masyarakat, baik individu, kelompok maupun organisasi agar lebih mengenal lembaga zakat itu sendiri, diharapkan dengan upaya yang dilakukan oleh amil zakat dapat menimbulkan ketertarikan masyarakat dan kemudian akan menyalurkan donasi atau zakatnya melalui lembaga tersebut. Badan Amil Zakat NasionL (BAZNAS) merupakan lembaga zakat nasional yang bergerak dalam bidang penghimpuna (fundraising) dan pendayagunaan dana zakat, infak, shadaqah, wakaf dan dana sosial keagamaan lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi fundraising apa yang diterapkan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) kota Bandar Lampung, implementasi strategi dan evaluasi strategi dalam meningkatkan jumlah muzzaki. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder yang bersumber dari wawancara, observasi, hasil wawancara. Hasil penelitian ini diketahui bahwa strategi pengelolaan yang ada pada BAZNAS kota Bandar Lampung meliputi bidang pengumpulan, pendistribusian, monitoring, dan evaluasi yang ditetapkan BAZNAS pusat yang biasa disebut rencana kerja dan anggaran tahunan (RKAT) yang berisi strategi pengelolaan BAZNAS kota Bandar Lampung dalam satu tahun kedepan. Strategi fundraising yang diterapkan oleh BAZNAS kota Bandar Lampung yaitu: 1. Membuat program 2. memahami karakter donatur 3. Maintenance donature, yang dalam implementasinya ditangani oleh petugas fundraising dan dilaksanakan menggunakan dua metode yakni metode online dan offline. Dengan strategi yang diterapkan ini dan memaksimalkan peran petugas fundraising, penghimpunan dana mengalami kenaikan dan pendistribusian akan lebih banyak diberikan. Ini membuktikan bahwa strategi yang dibuat sudah berhasil. Kata Kunci: Strategi Fundraising, Meningkatkan, Muzzaki iii ABSTRACT The fundraising strategy is an effort by zakat management institutions to influence the community, both individuals, groups and organizations to become more familiar with the zakat institution itself, it is hoped with the efforts made by amil zakat can generate public interest and then will distribute donations or zakat through the institution. National Zakat Agency (BAZNAS) is a national zakat institution engaged in fundraising and utilization of zakat, infaq, shadaqah, endowments and other social-religious funds. The purpose of this research is to find out what fundraising strategies are implemented by the Agency Amil Zakat National (BAZNAS) Bandar Lampung city, strategy implementation and strategy evaluation increase the number of muzzaki. The method used in this study is the method of analysis descriptive with a qualitative approach. The data used are primary and secondary data sourced from interviews, observations, interview results. The results of this study note that the existing management strategy at BAZNAS in Bandar city Lampung includes the fields of collection, distribution, monitoring, and evaluation determined Central BAZNAS which is commonly called the annual work plan and budget (RKAT) which contains strategy management of BAZNAS in the city of Bandar Lampung in the next year. The fundraising strategy implemented by BAZNAS of Bandar Lampung city, namely: 1. Creating a program 2. understanding character donors 3. Maintenance donors, whose implementation is handled by fundraising officers and carried out using two methods namely online and offline methods. With the strategy implemented this and maximizing the role of fundraising officers, raising funds has increased and more distribution will be provided. This proves that the strategy created has been successful. Keywords: Strategy, Improve, Muzzaki

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Aug 2023 07:17
Last Modified: 29 Aug 2023 07:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29985

Actions (login required)

View Item View Item