ANALISIS FAKTOR PENGHAMBAT PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS II DI SDN 2 TEGINENENG

HARIYATI, DALTONI (2023) ANALISIS FAKTOR PENGHAMBAT PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS II DI SDN 2 TEGINENENG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL HARIYATI PGMI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Membaca didefinisikan sebagai melihat serta memahami isi dari apa yang tertulis dengan mengucapkan atau hanya dalam hati. Membaca juga bertujuan untuk membentuk pemahaman oleh pembaca apa yang sedang di baca. Minat baca dapat diperoleh pada siswa yang duduk dibangku sekolah dasar, melalui kebiasaan membaca sejak duduk dibangku sekolah dasar, dengan banyaknya membaca maka siswa akan memiliki pengetahuan yang baru dan kemampuan membaca dengan alur pikiran yang telah siswa dapatkan. Minat baca dapat ditumbuhkan dan dikembangkan sehingga kebiasaan membaca dapat lebiih menambah pengetahuan luas. Di SDN 2 Tegineneng masih banyak peserta didik yang belum lancar membaca dikarenakan faktor-faktor penghambat membaca permulaan. Hal ini ditunjukan dari hasil engamatan terhadap peserta didik saat pembelajaran membaca. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan objek penelitian di Tegineneng, tepatnya di SDN 2 Tegineneng. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas II di SDN 2 Tegineneng. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Bersdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran membaca terdapat faktor yang menjadi penghambat pembelajaran membaca permulaan pada siswa kelas II di SDN 2 Tegineneng. Faktor penghambat membaca permulaan pada siswa kelas II adalah fator internal yang berasal dari diri peserta didik itu sendiri yang meliputi kurangnya motivasi dan minat peserta didik dalam belajar membaca permulaandan faktor eksternal yang meliputi kurangnya media pembelajaran membaca permlaan di sekolah dan kreatifitas guru ketika mengajar membaca permulaan. iv ABSTRACT Reading is defined as seeing and understanding the contents of what is written by saying or just silently. Reading also aims to form an understanding by the reader of what is being read. Interest in reading can be obtained in students who are in elementary school, through the habit of reading since sitting in elementary school, with a lot of reading, students will have new knowledge and the ability to read with the flow of thoughts that students have acquired. Interest in reading can be grown and developed so that reading habits can increase broad knowledge At SDN 2 Tegineneng there are still many students who are not fluent in reading due to factors inhibiting early reading. This is shown from the results of observing students when learning to read.This study uses qualitative research with the research object in Tegineneng, to be precise at SDN 2 Tegineneng. The sample in this study was class II students at SDN 2 Tegineneng. Data collection techniques used are observation, interviews and documentation. Data analysis techniques namely data reduction, data presentation and drawing conclusions. Based on the results of the research and discussion that has been carried out by the researchers, it can be concluded that in the implementation of learning to read, there are factors that become obstacles to learning to read beginning in class II students at SDN 2 Tegineneng. The inhibiting factors for beginning reading in grade II students are internal factors originating from the students themselves which include the lack of motivation and interest of students in learning to read beginning and external factors which include the lack of media for learning to read early at school and teacher creativity when teaching early reading.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Aug 2023 07:02
Last Modified: 29 Aug 2023 07:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29983

Actions (login required)

View Item View Item