PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PADANG RATU

Checilia, Adinda (2023) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PADANG RATU. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CHECILIA ADINDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PADANG RATU Oleh: CHECILIA ADINDA 1911010281 Pendidikan merupakan salah satu hak dasar manusia.sebagai insan yang dikarunia dengan akal pikiran,manusia menumbuhkan pendidikan dalam proses hidupnya.Pendidikan merupakan bagian penting dari kehidupan yang sekaligus membedakan manusia dengan makhluk hidup lainnya. Pembelajaran dapat dipahami sebagai sebuah aktivitas yang dilakukan oleh guru dalam mengatur dan mengorganisasikan lingkungan belajar dengan sebaik-baiknya dan menghubungkannya dengan anak didik sehingga terjadi proses belajar.Permasalahan muncul pada minat belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu bahwa tenaga pendidik belum maksimal dalam memiliki keterampilan atau kemampuan dalam menjelaskan materi, melaksanakan metode pembelajaran, mengelola kelas, dan melakukan evaluasi dengan baik dan kreatif sehingga proses pembelajaran yang dilangsungkan kurang menyenangkan dampak dari ketidakmampuan tenaga pendidik dalam keterampilan atau kemampuan untuk melihat karakteristik siswa dari berbagai aspek kehidupan diatas menyebabkan siswa cenderung memiliki minat belajar yang rendah Penelitian ini Bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Padang Ratu.Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif dimana Desain yang digunakan adalah Ex Post Facto. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Padang Ratu dengan sample Probability Sampling dengan Tekhnik Random Sampling.Penelitian dilakukan selama 1 bulan di sekolah dengan teknik pengumpulan data berupa Quisioner dalam bentuk pertanyaan yang terdiri dari 30 pertanyaan. Kata Kunci : Minat Belajar,Kompetensi Pedagogik iii ABSTRACT PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PADANG RATU Oleh: Checilia Adinda 1911010281 Education is one of the basic human rights. As human beings who are endowed with reason, humans cultivate education in their life process. Education is an important part of life which at the same time distinguishes humans from other living things. Learning can be understood as an activity carried out by the teacher in managing and organizing the learning environment as well as possible and connecting it with students so that the learning process occurs. have skills or abilities in explaining material, implementing learning methods, managing classes, and evaluating properly and creatively so that the learning process that takes place is less enjoyable. have low interest in learning This study aims to determine the effect of the Pedagogic Competence of Islamic Religious Education Teachers on the Learning Interests of Class VII Students at SMP Negeri 1 Padang Ratu. This research is a quantitative study where the design used is Ex Post Facto. This research was conducted at Padang Ratu 1 Public Middle School with a sample of Probability Sampling with the Random Sampling Technique. The research was conducted for 1 month at the school with a data collection technique in the form of a Questionnaire in the form of questions consisting of 30 questions. Keywords: Learning Interest, Pedagogic Competence

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Aug 2023 05:28
Last Modified: 29 Aug 2023 05:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29979

Actions (login required)

View Item View Item