Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis Green School terhadap Berfikir Kreatif pada Materi Pencemaran Lingkungan di SMA Negeri 9 Bandar Lampung

ZULFA, ARDHI WIDHI MARZUKI (2023) Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis Green School terhadap Berfikir Kreatif pada Materi Pencemaran Lingkungan di SMA Negeri 9 Bandar Lampung. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI ZULFA ARDHI WIDHI MARZUKI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis Green School terhadap Berfikir Kreatif pada Materi Pencemaran Lingkungan di SMA Negeri 9 Bandar Lampung Zulfa Ardhi Widhi Marzuki Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PjBL berbasis Green School terhadap kemampuan berfikir kreatif peserta didik dalam pengelolahan limbah sampah di sekolah menggunakan materi pencemaran lingkungan. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Quasy Experiment. Desain yang digunakan Posttest only control design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan Cluster Random Sampling. Penelitian ini menggunakan 2 kelas eksperimen (X.8 yang berjumlah 38 peserta didik) dan satu kelas sebagai kelas kontrol (X.10 yang berjumlah 38 peserta didik). Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji hipotesis diperoleh nilai Sig sebesar 0.00 atau ≤ 0.05, dapat diartikan model pembelajaran PjBL berbasis Green School berpengaruh terhadap kemampuan berfikir kreatif peserta didik dengan melihat indikator berfikir kreatif yang terdiri dari originality, elaboration, dan problem sensitivity. Kata Kunci: Berfikir Kreatif, Green School, Pencemaran Lingkungan, PjBL iii ABSTRACT The Effect of the Green School-Based Project Based Learning Model on Creative Thinking on Environmental Pollution Materials in high school 9 Bandar Lampung Zulfa Ardhi Widhi Marzuki This study aims to determine the effect of the Green School-based PjBL learning model on students' creative thinking abilities in managing waste at school using environmental pollution materials. This research method is a quantitative research using the Quasy Experiment method. The design used is Posttest only control design. Data collection techniques using tests, observation and documentation. The population in this study were students of class X MIA. The sampling technique in this study used Cluster Random Sampling. This study used 2 experimental classes (X.8 totaling 38 students) and one class as the control class (X.10 totaling 38 students). The data analysis technique used, namely hypothesis testing, obtained a Sig value of 0.00 or ≤ 0.05. It can be interpreted that the Green School-based PjBL learning model influences students' creative thinking abilities by looking at creative thinking indicators consisting of originality, elaboration, and problem sensitivity. Keyword: Think Creatively, Green School, Enviromental Pollution, PjBL

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Aug 2023 05:04
Last Modified: 29 Aug 2023 05:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29976

Actions (login required)

View Item View Item