PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAJEMEN (TQM) DALAM UPAYA MENINGKATKAN SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) PADA YAYASAN ATS-TSAQIB PRINGSEWU

RAHMAT, MUKHTARIFIN (2023) PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAJEMEN (TQM) DALAM UPAYA MENINGKATKAN SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) PADA YAYASAN ATS-TSAQIB PRINGSEWU. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of RAHMAT FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Total quality management merupakan sebuah pendekatan yang selalu berfokus kepada kepuasan pelanggan maka dari itu total quality management selalu melakukan perbaikan terus menerus, sehingga tercapainya sebuah tujuan organisasi dan mampu mempertahankan kualitas sebuah organisasi. Yayasan Ats-Tsaqib adalah salah satu organisasi, yang berada di Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu. Yayasan Ats-Tsaqib merupakan organisasi yang bergerak dibidang pendidikan. Pendidikan yang berupa IT (Islam Terpadu), tak hanya pendidikan dasar saja yang diajarkan tetapi pendidikan Al-Qur’an juga telah diajarkan di Yayasan Ats-Tsaqib. Dalam pelaksanaannya pendiidkan Al-Qur’an lebih di utamakan, oleh sebab itu Yayasan Ats-Tsaqib selalu berusaha untuk mencetak lulusan yang pandai di pendidikan umum dan penghafal Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan metode pendekaatan kualitatif. Pendekatan ini menghasilkan data deskriptif terkait dalam upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yaitu para santri Yayasan Ats-Tsaqib. Data dalam penelitian berupa data kualitatif, yaitu sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskeriptif dengan menggunakan cara analisis interaktif, yaitu dengan tahap pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan total quality management dalam upaya menigkatkan kualita santri berjalan dengan kurang maksimal karena ditunjang dengan berbagai aspek, yaitu pendidikan yang dibutuhkan, tenaga pendidik yang professional, sarana dan prasarana yang memadai, dan pelayanan yang baik. Yayasan Ats-Tsaqib selama ini mampu bersaing dengan cara menerapkan total quality management. Oleh sebab itu, banyak dari wali santri Yayasan Ats-Tsaqib merasa puas dengan pendidikan yang telah diajarkan, karena membawa perubahan ke arah yang lebik baik. Namun, penerapan total quality management masih kurang maksimal sehingga perlunya perbaikan terus menerus, tidak hanya itu Yayasan Ats-Tsaqib juga perlu melakukan evaluasi kembali dengan merujuk ke Organisasi yang lebih maju dan dan lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Aug 2023 04:43
Last Modified: 29 Aug 2023 04:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29974

Actions (login required)

View Item View Item