TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP UPAYA SOPIR BUS ANTAR PROVINSI DALAM MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH (Studi Kasus Di PO Gumarang Jaya Bersama Bandar Lampung)

WANDA, ANNISA (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP UPAYA SOPIR BUS ANTAR PROVINSI DALAM MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH (Studi Kasus Di PO Gumarang Jaya Bersama Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of Skripsi Wanda Annisa 1821010251 HKI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan dalam pernikahan tentu menginginkan rumah tangga yang sakinah, untuk mewujudkan keluarga sakinah setiap keluarga memiliki cara atau upaya masing-masing, dalam upaya tersebut terdapat berbagai kendala yang dihadapi, salah satunya sopir bus antar provinsi juga mengalami kendala seperti ketika suami yang harus bekerja mengemudikan bus keluar kota baik itu dalam provinsi maupuan luar provinsi hingga pulau dengan rentang waktu 1 minggu hingga 15 hari lamanya dan hanya bertemu dengan keluarga 3 sampai 4 hari saja. Maka dari itu seringkali suami istri menghadapi berbagai kendala atau hambatan dalam mewujudkan keluarga sakinah karena sedikitnya intensitas pertemuan antara suami istri dan keluarga yang mengakibatkan adanya perselisihan atau pun kesalahpahaman yang bisa berujung kepada perceraian, seperti kurangnya rasa percaya terhadap pasangan, penghasilan suami tidak menentu, jadwal pulang yang tidak menentu. Berdasarkan uraian tersebut, permasalahan dalam penelitian ini adalah apa upaya yang dilakukan sopir bus antar provinsi dalam mewujudkan keluarga sakinah di PO Gumarang Jaya Bersama Bandar Lampung, dan Bagaimana pandangan hukum Islam terhadap upaya yang dilakukan sopir bus antar provinsi dalam mewujudkan keluarga sakinah di PO Gumarang Jaya Bersama Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), yang bersifat deskriptif analisis. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dengan pendekatan berpikir induktif. Untuk memperoleh data�data yang di paparkan dalam penelitian ini peneliti menggunakan data primer dan sekunder. Data primer yang berupa data hasil wawancara pada objek yang diteliti dan data sekunder yang datanya diperoleh dari media perantara atau tidak langsung berupa buku-buku, jurnal penelitian, artikel dan arsip-arsip yang padat menunjang penulisan skripsi ini. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa upaya yang dilakukan sopir bus antar provinsi dalam mewujudkan keluarga sakinah yakni, untuk mewujudkan keluarga sakinah mereka telah memahami tentang keluarga sakinah dan upaya yang dilakukan yaitu menanamkan sikap saling jujur, saling percaya, memiliki waktu komunikasi yang teratur, saling perhatian, keterbukaan, saling pengertian, dan menerapkan sikap saling musyawarah dalam menghadapi permasalahan. Dan pandangan hukum Islam terhadap upaya yang dilakukan sopir bus antar provinsi telah sesuai dengan nilai-nilai agama dan hukum Islam berdasarkan firman Allah Swt. dalam Al-Qur‘an surat aż-Żāriyāt [51] ayat 49, al�Baqarah [2] ayat 187, an-Nisā' [4] ayat 1 dan 34, an-Naḥl [16] ayat 72, dan surat ar-Rūm [30] ayat 21. Kata Kunci : Hukum Islam, Keluarga, Sakinah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Aug 2023 04:06
Last Modified: 29 Aug 2023 04:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29968

Actions (login required)

View Item View Item