PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN KEDISPLINAN PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP PLUS THORIQUL HUDA REJOSARI KOTABUMI LAMPUNG UTARA

Intan, Adelia Rizki (2023) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN KEDISPLINAN PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP PLUS THORIQUL HUDA REJOSARI KOTABUMI LAMPUNG UTARA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL INTAN ADELIA RIZKI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP PLUS THORIQUL HUDA REJOSARI KOTABUMI LAMPUNG UTARA Oleh : Intan Adelia Rizki Seorang guru agama memiliki peran yang sangat penting dalam menanamkan sifat dan sikap peserta didik dalam disiplin belajar. Guru agama adalah sesorang yang mengajarkan agama Islam dengan mendidik, membimbing peserta didik untuk mengembangkan seluruh potensi jasmani serta rohaninya, supaya terbentuk manusia yang memiliki kepribadian unggul dalam menjalankan kehidupannya. Hal ini sesuai dengan tujuan pendidikan agama Islam yang ingin dicapai, yaitu meningkatkan kualitas manusia. Manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berkepribadian baik, disiplin, bekerja keras, bertanggung jawab, mandiri, cerdas, dan terampil serta sehat jasmani maupun rohani. Kedisiplinan merupakan ketaatan terhadap peraturan dan norma kehidupan berbangsa dan bernegara yang berlaku dan dilaksanakan dengan sadar, ikhlas lahir dan batin. Sehingga timbul rasa malu ketika melanggar disiplin dan mempunyai rasa takut terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Fokus penelitian ini dikembangkan dalam dua fokus sebagai berikut : (1) Bagaimana Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai Pendidik dalam menanamkan kedisiplinan peserta didik kelas VII di SMP plus thoriqul huda rejosari kotabumi lampung utara.(2)Bagaimana Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai Pembimbing dalam menanamkan kedisiplinan peserta didik kelas VII dI SMP Plus Thoriqul Huda Rejosari Kotabumi Lampung Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam uji keabsahan data peneliti menggunakan trainggulasi sumber, teknik dan waktu.Dari hasil analisis penelitian ini maka diperoleh kesimpulan bahwa peran yang dilakukan guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan kedisiplinan pada peserta didik kelas VII di SMP Plus Thoriqul Huda Rejosari Kotabumi Lampung Utara ialah dengan cara memberikan pendalaman pengetahuan tentang kedisiplinan, memberikan nasihat tentang disiplin. Menegur dan memberikan hukuman bagi peserta didik yang terlambat. Kemudian agar konsisten guru melakukan penanaman sikap disiplin belajar dengan metode penugasan, dimana metode penugasan dilaksanakan dengan memberikan tugas kepada peserta didik baik secara tugas di sekolah maupun tugas di rumah . Hal ini sesuai dengan hasil wawancara serta observasi penelitian terkait kegiatan-kegiatan yang dilakukan di SMP Plus Thoriqul Huda Rejosari Kotabumi Lampung Utara. Kata kunci : Peran Guru PAI, Karakter Kedispilinan iv ABSTRACT A religious teacher has a very important role in instilling the characteristics and attitudes of students in learning discipline. A religious teacher is someone who teaches Islam by educating, guiding students to develop all their physical and spiritual potential, so that human beings who have superior personalities are formed in carrying out their lives. This is in accordance with the objectives of Islamic religious education to be achieved, namely to improve human quality. Humans who believe in and are devoted to God Almighty, have noble character, have good personality, are disciplined, work hard, are responsible, independent, intelligent and skilled and are physically and mentally healthy. Discipline is obedience to the rules and norms of national and state life that apply and are carried out consciously, sincerely and spiritually. So that there is shame when breaking discipline and having fear of God Almighty. The focus of this research was developed in two focuses as follows: (1) What is the role of the Islamic Religious Education teacher as an Educator in instilling discipline in class VII students at SMP Plus Thoriqul Huda Rejosari Kotabumi, Lampung Utara. (2) What is the Role of the Islamic Religious Education teacher as a Guide in instilling discipline in class VII students in SMP Plus Thoriqul Huda Rejosari Kotabumi, Lampung Utara. This study used a qualitative approach with field research. Data collection techniques using the method of observation, interviews, and documentation. In testing the validity of the data, researchers used source, technique and time triangulation. From the results of this research analysis, it can be concluded that the role played by Islamic religious education teachers in instilling discipline in class VII students at SMP Plus Thoriqul Huda Rejosari Kotabumi, Lampung Utara is by providing deep knowledge about discipline, providing advice about discipline. Reprimand and give punishment to students who are late. Then, in order to be consistent, the teacher inculcates a disciplined learning attitude with the assignment method, where the assignment method is carried out by giving assignments to students both as assignments at school and assignments at home. This is in accordance with the results of interviews and research observations related to activities carried out at SMP Plus Thoriqul Huda Rejosari Kotabumi, Lampung Utara. Keywords: Role of PAI Teachers, Discipline Character

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Aug 2023 02:57
Last Modified: 29 Aug 2023 02:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29965

Actions (login required)

View Item View Item