IMPLEMENTASI LAYANAN INFORMASI DALAM MEREDUKSI KECANDUAN GAME ONLINE PADA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 3 TANJUNG BINTANG LAMPUNG SELATAN

DESHELLA, MEGA SAPUTRI (2023) IMPLEMENTASI LAYANAN INFORMASI DALAM MEREDUKSI KECANDUAN GAME ONLINE PADA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 3 TANJUNG BINTANG LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini mendeskripsikan tentang mereduksi kecanduan game online melalui layanan informasi oleh guru Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 3 Tanjung Bintang Lampung Selatan. Kecanduan game online adalah proses dimana ketergantungan individu dalam bermain game online baik dari segi waktu dan intesitas bermain yang akan berdampak buruk pada kehidupan individu. World Health Organization (WHO) menjelaskan bahwa kecanduan game online sebagai gangguan mental yang dimasukkan kedalam Internasional Classification of Diseases (ICD-11). Hal ini ditandai dengan gangguan kontrol atas game dengan meningkatnya prioritas yang diberikan pada game daripada kegiatan lain. Perilaku tersebut terus dilanjutkan walaupun memberikan konsekuensi negatif pada dirinya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Dengan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan, dimana peneliti mendeskripsikan fenomena apa saja yang ditemui di lapangan. Adapun prosedur pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, populasi dalam penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling yang ada di SMP Negeri 3 Tanjung Bintang dan subjek pada penelitian ini adalah peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa mereduksi kecanduan game online melalui layanan informasi pada peserta didik di SMP Negeri 3 Tanjung Bintang Lampung Selatan adalah dengan melakukan kolaborasi dengan wali kelas dan guru mata pelajaran bagi peserta didik yang terindikasi dengan emncari informasi terlebih dahulu bagaimana peserta didik selama didalam kelas. Dan guru BK juga melakukan observasi di sekolah dengan melalui pengamatan pada peserta didik melalui nilai, absensi, keaktifan dengan sosial atau sekelilingnya dan guru bk melakukan konseling individu maka guru bk mampu mereduksi kecanduan game online pada peserta didik. Kata Kunci: Kecanduan Game Online, Layanan Informasi iii ABSTRACT This study describes reducing online game addiction through information services provided by guidance and counseling teachers at Tanjung Bintang 3 Public Middle School, South Lampung. Online game addiction is a process in which an individual's dependence on playing online games, both in terms of time and intensity, has a negative impact on their life. The World Health Organization (WHO) explains that online game addiction is a mental disorder that is included in the International Classification of Diseases (ICD-11). It is characterized by impaired control over games and an increased priority given to games over other activities. The behavior continues even though it has negative consequences for itself. This study uses a type of qualitative research. The type of research is field research, in which the researcher describes phenomena encountered in the field. As for the data collection procedures carried out by observation, interviews, and documentation, the population in this study was teacher guidance and counseling in Tanjung Bintang 3 Public Middle School, and the subjects in this study were students. Based on the results of the study, it was shown that reducing online game addiction through information services to students at SMP Negeri 3 Tanjung Bintang, South Lampung, is possible by collaborating with homeroom teachers and subject teachers for students who are indicated by seeking information in advance about how students are in class. And the BK teacher also makes observations at school by observing students through grades, attendance, and activeness with social or environmental surroundings, and the BK teacher does individual counseling, so the BK teacher can only be addicted to online games with students. Keywords: Online Game Addiction, Information Services

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Aug 2023 07:32
Last Modified: 28 Aug 2023 07:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29959

Actions (login required)

View Item View Item