PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP MORAL PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 10 KOTABUMI.

Nuzulul, Nabila (2023) PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP MORAL PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 10 KOTABUMI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 &B BAB 5.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL NUZULUL NABILA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK. Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Moral Siswa Di SMP Negeri 10 Kotabumi. E-Mail: @nuzululnabila559@gmail.com. Lembaga pendidikan mempunyai tugas yang sangat penting terkait moral dan karakter siswa. Menurut Ki Hajar Dewantara pendidikan adalah tuntunan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak. Dalam proses pendidikan kegiatan belajar merupakan kegiatan inti paling pokok, berarti berhasil atau tidaknya tujuan pendidikan tergantung berhasil atau tidaknya proses belajar yang dialami oleh siswa. Di dalam lembaga pendidikan seorang guru harus berkompeten dalam bidang yang di ajarnya agar para siswa mudah untuk memahami ilmu yang diberikan serta mempunyai kepribadian yang baik agar dapat menjadi suri tauladan yang positif bagi murid-muridnya. Pada faktanya yang terjadi di SMP N 10 KOTABUMI para pengajar sudah mempunyai kepribadian yang terbilang cukup baik terlihat dari segi berpakaian, Dalam hal ini saya mengambil satu contoh yakni kompetensi kepribadian berakhlak mulia dan menjadi tauladan seorang peserta didik , seorang guru memiliki tanggung jawab yang cukup besar apalagi untuk menjadi tauladan yang baik .tetapi guru tidak pantang menyerah banyak hal yang dilakukan contohnya guru mengajarkan sopan santun dan berakhlak mulia, seperti mengucapkan salam ,salim dengan orang tua ketika masuk rumah, jujur dalam bertindak, tanggung jawab dengan amanah yang diberikan.kegiatan belajar mengajar yang cukup tertib. Dalam hal ini ada peserta didik masih dikatakan belum baik dari segi moralnya, penurunan karakter dan lemahnya kesadaran dalam menjalankan kewajiban sebagai generasi yang baik diantaranya tawuran pelajar, balapan liar,kurangnya toleransi terhadap sesama ,melakukan tindakan bully,dan masih ada yang menggunakan obat-obatan terlarang.hal ini di pengaruhi dari lingkungan luar sekolah, yakni dari teman sepermainan ataupun lingkungan rumah yang masih belum baik, serta peran orang tua yang masih kurang untuk anaknya. Tentunya peserta didik banyak sekali yang terjerumus kedalam hal-hal yang negatif ataupun kurang baik, ditambah dengan jejaring sosial media yang sangat marak tentu sangat amat mempengaruhi moral peserta didik namun moral yang masih kurang baik disebabkan oleh pergaulan siswa di lingkungan luar sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, yang digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrument penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistik, dengan tujuan menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam terhadap moral siswa di SMP N 10 Kotabumi. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif, yang digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrument penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistik, dengan tujuan menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Adapun peserta didik yan that are still lacking g menjadi objek penelitian berjumlah 16 orang. Dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, angket dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulan dari penelitian ini yaitu kompetensi kepribadian guru pendidikan agama Islam pada SMP N 10 Kotabumi sudah cukup baik dengan presentase sebesar 97,50%, moral siswa termasuk dalam kategori sangat baik dengan angka 100,04% dari kriteria yang ditetapkan dengan menganalisis angket yang dibagikan kepada 34 responden. Dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang sugnifikan antara kompetensi kepribadian guru Pendidikan agama islam terhadap moral siswa kelas VIII DI SMP N 10 Kotabumi. Kata Kunci: Pengaruh Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam, Moral Siswa,pemecahan masalah, hasil dari penelitian. Abstrack The Effect Of The Personality Competence Of Islamic Religion Education Theacher On The Morale Of Students at SMP Negeri 10 Kotabumi. Email:@nuzululnabila559@gmail.com. Education instutons have a very important task related to the morale and cracter of students. According to Ki Hajar Dewantara, education is a guide in the life of growing children. In the education process learning activities are the most on the success of failure of the learning process experience by students. in education instutions a teacher must be competent in the field he teaches so that students cn easily understand the knowladge given and have a good personality so that they can be positive role models for their students. In fact, what happened at SMP N 10 KOTABUMI, the teachers already had quite a good personality competence with noble character, such as gretting parents when entering th house, being honeest in acting, responsibility with the mandate given suffcient theacing and learning activities orderly. In this case theare are students who are still said to be not good in terms of morals, a decrease in charcter and a lack of awareness in carrying out their obligation as a good genaration including students brawls, wild races, lack of tolerance for other by bullying, and some still use ilegal drugs. This is influenced by the environment outside the school , namely from playmates or the enviroment. Houses that are still lacking for their children. Of course, theare are a lot studentents who fall into things that are negative or not good, couple with social media networks which are very widespread, of course, it greatly affects the morale of students, but morale is still not good due to the association og students outside of scholl environment. The method used in this study is a descriptive methode usibg a quantitaive approach, which is used to examine certain population or sample, data collection uses research instrument, data analysis inquantitative/statistical, with the aim of testing the established hypotheses. The purpose of this research is to find out how competency influences the personality of islamic religions education theachers on students morale at SMP N 10 Kotabumi. This research is included in quantitative research using descriptive methods, used to research on a particular population or samplem data collection using research instruments, data analysis is quantitative statistics, with the aim of testing the established hypotheses. As for students who are still lacking, they became the object of research, totaling 16 people. With data collection tecniques through interviews, questionnaires and documentation. Based on this research it can be concluded fron this research that is competency the personality of the islamic religious education teacher at SMP N 10 Kotabumi is quite good with a percentage of 97,59 %, students morale is include in the very good category 100.04% of the criteria determined by analyzing the questionnaires distributed to 34 respondendents. It can be concluded that is a signnificant influence between personality competence of teacher of islamic religious education on the morale of class VII Di students SMP N 10 Kotabumi. Keywords: The Effect OF Teacher Competence on religius islam, Morale Education Students problem solving , result of research

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Aug 2023 06:47
Last Modified: 28 Aug 2023 06:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29950

Actions (login required)

View Item View Item