FUNGSI MANAJEMEN PELAYANAN PUBLIK DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN MASYARAKAT PADA KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) DI KECAMATAN NGAMBUR KABUPATEN PESISIR BARAT

META, ARYANA (2023) FUNGSI MANAJEMEN PELAYANAN PUBLIK DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN MASYARAKAT PADA KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) DI KECAMATAN NGAMBUR KABUPATEN PESISIR BARAT. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of Skripsi META ARYANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Kantor Urusan Agama merupakan lembaga pemerintahan yang bertugas melaksanakan sebagian tugas dari Kantor Kementrian Agama dibidang urusan Agama Islam dalam wilayah Kecamatan. Manajemen merupakan suatu proses aktivitas untuk mewujudkan keinginan yang hendak dicapai atau yang diinginkan oleh sebuah organisasi. Fungsi manajemen adalah untuk mengatur jalannya suatu organisasi yang mana manjemen memiliki empat fungsi yaitu, planning, organizing, actuanting dan controlling dari empat fungsi ini akan menjadikan jalannya suatu organisasi mencapai tujuan yang ingin dicapai kedepannya. Jadi pada dasarnya seluruh organisasi memerlukan adanya manajemen disebuah instansi pemerintahan seperti manajemen pelayanan pada KUA dikecamatan Ngambur maka diharapkan semua pelayanan publik yang sudah ada, dapat dijalankan dengan baik seperti yang telah direncanakan sebelumnya. Pelayanan adalah kegiatan yang dilakukan oleh individu atau kelompok dengan landasan materi melalui sistem, prosedur dan metode tertentu dalam rangka usaha dalam memenuhi kebutuhan dan kepentingan masyarakat sesuai dengan haknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana fungsi manajemen pelayanan publik dalam meningkatkan kepuasan masyarakat pada KUA dikecamatan Ngambur Kabupaten Pesisir Barat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) penelitian ini, penelitian yang bersifat kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang berupaya menghimpun, mengelola dan menganalisis data secara kualitatif. Peneliti mengumpulkan data menggunakan tekhnik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Subyek yang diteliti adalah Kepala KUA, pegawai KUA dan pengguna pelayanan atau masyarakat. Setelah data-data terkumpul dan dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini bahwa KUA Kecamatan Ngambur dalam manajemen pelayanan publik sudah berjalan dengan baik dan dapat dilihat dari tingkat: (1) sederhana dengan prosedur layanan yang mudah, cepat dan tidak berbelit-belit, (2) efektif dengan mengutamakan pencapaian yang menjadi tujuan dan sasaran,(3) transparan dengan adanya kejelasan produk,(4) keterbukaan dengan prosedur dan tata cara persyaratan satuan kerja,(5) konsisten dengan menerapkan aturan-aturan yang berlaku,(6) responsif mengarah pada daya tanggap masalah dan kebutuhan masyarakat, (7) ketepatan waktu terhadap pelayanan kepada masyarakat. Dari pelayanan yang diberikan oleh pegawai KUA dalam meningkatkan kepuasan masyarakat, terbukti bahwa KUA Kecamatan Ngambur mampu memberikan pelayana terbaik dan dapat memberikan rasa puas terhadap masyarakat dengan pelayanan yang ada pada KUA Kecamatan Ngambur. Dari data yang diperoleh melalui pihak instansi dan hasil triangulasi dengan masyarakat dapat dikatakan bahwa dalam manajemen pelayanan publik dalam meningkatkan kepuasan masyarakat pada KUA sudah terpenuhi dan memberikan kepuasan terhadap masyarakat. Kata Kunci “Manajemen Pelayanan publik dan Kepuasan Masyarakat. ABSTRACT The office religious affairs is a government agency tasked with carrying out the duties of the ministry of religion in the field of islamic religious affairs in the sub-district area. Management is a process of activity to realize the desires to be achieved or desired by an organization. The function of management is to regulate the running of an organization where management has four functions namely planning, organizing, actuanting and controlling of the these four functions which will make the running of an organization look for goals to be achieved in the future. So basically all organizations need management in a government agency such as service management at the KUA in the ngambur sub-district, so it is hoped that all existing public services can be carried out properly as planned. Services are activities carried out by individuals or groups on a material basis through certain systems, procedures and methods in the needs and interests of the community in accordance with their rights. This study aims to find out how the function of public service management is in increasing community satisfaction at KUA in the Ngambur sub-district west coast district. The type of research used is field research, this research is qualitative research, namely research that seeks to collect, manage and analyze data qualitatively. Research collects data using interview techniques, observation, and documentation. Data sources used are primary data and secondary data. The subjects studied were heads of KUA, employees KUA and service users or the public. After the data is collected and analyzed in a waydata reduction, data presentation and conclusion drawing. The result of this study are that KUA of the Ngambur sub-district in public service management has been going well and can be seen from the level: (1) simple with easy service procedures, fast and not complicated, (2) effective by prioritizing the achievement of goals and objectives, (3) transparent with product clarity, (4) openness with work unit procedures and requirements, (5) consistent with the rules that apply, (6) responsiveness leads to responsiveness to problems and community needs, (7) timeliness of services to the community. From the services provided by KUA employees in increasing community satisfaction, it is evient that the Ngambur sub-district KUA is able to provide the best service and can provide a sense of statisfaction to the community with the services available at the Ngambur sub-district KUA. From the data obtainedthrough the agency and the results of triangulation with thecommunity it can be said that in the management of public services in increasing community satisfaction at KUA it has been fulfilled and gives satisfaction to the community. Keybords “Public Service Management and Community Satisfaction”.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Aug 2023 03:38
Last Modified: 28 Aug 2023 03:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29946

Actions (login required)

View Item View Item